title: NILAI MORAL DALAM NOVEL GITANJALI KARYA FEBRIALDY R. DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA creator: Muhammad , Gary Ishak subject: 370 Pendidikan subject: 700 Seni, seni rupa, kesenian description: Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai moral dalam novel Gitanjali karya Febrialdy R. dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dalam novel Gitanjali karya Febrialdy R. ditinjau dari pendekatan moral dan mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai moral yang terkandung dalam novel Gitanjali karya Febrialdy R., penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif sebagai teknik pengumpulan datanya. Data dalam penelitian ini berupa dialog yang mengandung informasi mengenai aspek nilai moral dalam novel Gitanjali karya Febrialdy R. Hasil penelitian pada novel Gitanjali karya Febrialdy R. mendapatkan 48 data dari ketiga aspek nilai moral, yaitu nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri sebanyak 9 data, hubungan manusia dengan manusia lain sebanyak 28 data, dan hubungan manusia dengan Tuhan sebanyak 11 data. Kemudian, hasil penelitian yang berupa nilai moral tersebut dapat diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA berdasarkan Kurikulum Merdeka kelas XI fase F terkait dengan materi membaca teks prosa, terutama dalam materi unsur ekstrinsik novel. Kata Kunci: Nilai Moral, Novel, Kurikulum Merdeka The problem discussed in this research is the moral values in the novel Gitanjali Febrialdy R.'s work and its implications for Indonesian language learning in SENIOR HIGH SCHOOL. This research aims to describe the moral values in the novel Gitanjali by Febrialdy R. viewed from a moral and descriptive approach the implications for Indonesian language learning in high school. The method used in this research is a qualitative descriptive method. The object of this research is the moral values contained in the novel Gitanjali by Febrialdy R., this research uses data analysis techniques in the form of qualitative descriptive as a data collection technique. Data in this research in the form of dialogue containing information about aspects of moral values in the novel Gitanjali by Febrialdy R. The results of research on the novel Gitanjali by Febrialdy R. obtained 48 data from the three aspects of moral values, namely the moral values of human relationships with themselves as many as 9 data, human relations with other humans as many as 28 data, and human relationship with God as many as 11 data. Then, research results in the form of moral values can have implications for language learning Indonesia in high school based on the Merdeka Curriculum class XI phase F related to material for reading prose texts, especially the extrinsic elements of novels. Keywords: Moral Values, Novel, Independent Curriculum publisher: KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-10-11 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83114/1/Abstrak%20-%20Muhammad%20Gary%20Ishak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83114/2/tanpa%20lampiran%20-%20Muhammad%20Gary%20Ishak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83114/3/Tanpa%20Pembahasan%20-%20Muhammad%20Gary%20Ishak.pdf identifier: Muhammad , Gary Ishak (2024) NILAI MORAL DALAM NOVEL GITANJALI KARYA FEBRIALDY R. DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG . relation: http://digilib.unila.ac.id/83114/