@misc{eprints83116, month = {Januari}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS}, author = {Amalia Cindi}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/83116/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik pada materi garam menghidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII F 1 ? XII F 8 SMA Negeri 1 Natar Tahun Ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian XII F2 sebagai kelas kontrol dan XII F3 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian digunakan yaitu the matching-only pretes posttes control group design. Analisis data mengguna-kan uji kesamaan dua rata-rata yaitu Mann-Whitney U dan uji perbedaan dua rata-rata yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan komunikasi di kelas eksperimen lebih tinggi dari-pada rata-rata n-gain keterampilan komunikasi di kelas kontrol. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga disimpulkan bahwa model discovery learning secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik. Kata Kunci: discovery learning, garam menghidrolisis, keterampilan komunikasi } }