title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS creator: Cindi, Amalia subject: 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam subject: 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik pada materi garam menghidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII F 1 – XII F 8 SMA Negeri 1 Natar Tahun Ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian XII F2 sebagai kelas kontrol dan XII F3 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian digunakan yaitu the matching-only pretes posttes control group design. Analisis data mengguna-kan uji kesamaan dua rata-rata yaitu Mann-Whitney U dan uji perbedaan dua rata-rata yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan komunikasi di kelas eksperimen lebih tinggi dari-pada rata-rata n-gain keterampilan komunikasi di kelas kontrol. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga disimpulkan bahwa model discovery learning secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik. Kata Kunci: discovery learning, garam menghidrolisis, keterampilan komunikasi publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-01-30 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83116/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83116/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83116/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Cindi, Amalia (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/83116/