@article{eprints8313, month = {Pebruari}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN MATERI POKOK VIRUS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Persada Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013)}, author = {Enjelina 0743024018}, year = {2013}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/8313/}, abstract = {Aktivitas belajar adalah hal yang esensial dalam membentuk penguasaan materi siswa. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi kelas X SMA Persada Bandar Lampung, diketahui bahwa dalam proses pembelajarannya siswa lebih banyak menerima informasi dari guru (teacher centered), sehingga berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa yang belum optimal. Salah satu upaya untuk memaksimalkan aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan media Kartu Bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT dengan media Kartu Bergambar terhadap aktivitas belajar siswa dan penguasaan materi pokok Virus. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest non equivalen dengan sampel siswa kelas X3 (27 siswa) sebagai kelas eksperimen dan X1 (30 siswa) sebagai kelas kontrol yang terpilih melalui teknik cluster random sampling.Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-Gain, sedangkan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran TGT dengan media Kartu Bergambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 77,62; kontrol = 62,78), dengan rata-rata N-Gain penguasaan materi siswa 65,89 pada kelas eksperimen dan 38,65 pada kelas kontrol. Selain itu, 27 siswa senang mempelajari materi pokok Virus dengan menggunakan media Kartu Bergambar. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model TGT dan media Kartu Bergambar berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dan penguasaan materi pokok Virus. Kata kunci : Model TGT, Media Kartu Bergambar, Penguasaan Materi, Aktivitas Belajar, Virus.} }