<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan pembelajaran sains\r\nterhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan\r\ndalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen.\r\nPenelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design.\r\nSampel penelitian ini berjumlah 32 anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik\r\npengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data\r\nyang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik\r\nanalisis data yang digunakan yaitu analisis tabel, uji normalitas dan linearitas, uji\r\nhipotesis. Pengujian reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus\r\nAlpha Cronbach dan dinyatakan sangat reliabel dengan skor X sebesar 0,821 dan\r\nskor Y sebesar 0,830. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor N-Gain sebesar\r\n0,39 yang berarti bahwa pengaruh pembelajaran sains terhadap perkembangan\r\nkognitif berada pada kategori sedang. Kemudian, hasil pengujian menggunakan uji\r\nregresi linear sederhana mendapatkan signifikansi 0,003 kurang dari 0,05\r\n(0,003<0,05), dan besar pengaruh yang didapatkan sebesar 26,6% hal ini\r\nmembuktikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran sains terhadap\r\nperkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun.\r\nKata Kunci: perkembangan kognitif, pembelajaran sains, anak usia dini\r\nThis study aims to determine the effect of science learning activities on the\r\ncognitive development of children aged 5-6 years. The method used in this research\r\nis quantitative, with a quasi-experimental research design. This study employs a\r\none-group pretest-posttest design. The research sample consists of 32 children aged\r\n5-6 years. The sampling technique used is purposive sampling. The data collection\r\ntechniques employed in this research are observation and documentation. The data\r\nanalysis techniques used include table analysis, normality and linearity tests, and\r\nhypothesis testing. The reliability testing of the instruments was conducted using\r\nthe Cronbach's Alpha formula, and it was found to be highly reliable, with a score\r\n\r\nof X at 0.821 and a score of Y at 0.830. The results of study show an average N-\r\nGain score of 0.39, indicating that the influence of science learning on cognitive\r\n\r\ndevelopment is in the moderate category. Furthermore, the results of testing using\r\nsimple linear regression obtained a significance of 0.003, which is less than 0.05\r\n(0.003<0.05), and the effect obtained was 26,6 %, proving that there is an effect of\r\nscience learning on the cognitive development of children aged 5-6 years.\r\nKeywords: cognitive development, science learning, early childhood"^^ . "2024-09-25" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN "^^ . . . . . . . "Wijiyanti "^^ . "\tSeptri "^^ . "Wijiyanti \tSeptri "^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK SKRIPSI-SEPTRI WIJIYANTI-2013054035 - 35_Septri Wijiyanti.pdf"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN-SEPTRI WIJIYANTI-2013054035 - 35_Septri Wijiyanti.pdf"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN\r\n\r\nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #83136 \n\nPENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN \n \nKOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . .