?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP%0D%0AKEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+SUSTAINABILITY%0D%0AAWARENESS+PADA+MATERI+PERUBAHAN%0D%0AIKLIM+BERORIENTASI+ISU+SDGs&rft.creator=MELIN+%2C+GUSTINA&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+mengetahui+pengaruh+model+problem+based+learning%0D%0Aterhadap+kemampuan+berpikir+kritis+dan+sustainability+awareness+pada+materi%0D%0Aperubahan+iklim+berorientasi+isu+SDGs.+Penelitian+dilaksanakan+pada+semester%0D%0Agenap+di+SMPN+3+Pesawaran+tahun+ajaran+2023%2F2024.+Desain+penelitian+yang%0D%0Adigunakan+yaitu+quasi+eksperimen+dengan+teknik+pretest-posttest+non-equivalent%0D%0Acontrol+group+design.+Sampel+diambil+menggunakan+teknik+purposive+sampling%0D%0Adengan+kelas+VII+I+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+VII+II+sebagai+kelas+kontrol.%0D%0AJenis+data+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.+Hasil+nilai+pretest-posttest+pada%0D%0Akelas+eksperimen+yang+menggunakan+model+PBL+mendapat+nilai+rata-rata+N-gain%0D%0Asebesar+0%2C52+termasuk+kategori+sedang%2C+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol%0D%0Adengan+rata-rata+N-gain+0%2C26+termasuk+kategori+rendah.+Dilakukan+juga+uji+effect%0D%0Asize+didapatkan+nilai+2%2C88+dengan+kriteria+%E2%80%9Cbesar%E2%80%9D.+Hasil+data+angket+sustainability%0D%0Aawareness+diperoleh+rata-rata+persentase+sebesar+81%2C42%25+dengan+frekuensi+%E2%80%9Csering%0D%0Aatau+selalu+dilakukan%E2%80%9D+atau+praktek-praktek+sustainability+awareness+sering%0D%0Adilakukan.+Berdasarkan+hasil+tersebut%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+penerapan+model%0D%0APBL+berpengaruh+secara+signifikan+terhadap+peningkatan+kemampuan+berpikir%0D%0Akritis+dan+berpengaruh+terhadap+sustainability+awareness+pada+materi+perubahan%0D%0Aiklim+berorientasi+isu+SDGs.+Penggunaan+model+PBL+dapat+menjadi+strategi+yang%0D%0Aefektif+dalam+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+dan+menanamkan%0D%0Akesadaran+keberlanjutan.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+Problem+Based+Learning%2C+Berpikir+Kritis%2C+Sustainability+Awareness%2C%0D%0APerubahan+Iklim%2C+SDGs.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-09-13&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83142%2F1%2F2013024025_Melin%2520Gustina_ABSTRAK%2520-%2520melin%2520gustina.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83142%2F2%2F2013024025_Melin%2520Gustina_Full_Tanpa%2520Lampiran%2520-%2520melin%2520gustina.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83142%2F3%2F2013024025_Melin%2520Gustina_Tanpa%2520Pembahasan%2520-%2520melin%2520gustina.pdf&rft.identifier=++MELIN+%2C+GUSTINA++(2024)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+SUSTAINABILITY+AWARENESS+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM+BERORIENTASI+ISU+SDGs.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83142%2F