TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints83163 UR - http://digilib.unila.ac.id/83163/ A1 - ELLEN KUMALA , DEWI Y1 - 2024/09/20/ N2 - Masalah dalam penelitian ini yaitu tingkat konsentrasi belajar bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V SDN 5 Metro Barat belum maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis penerapan ice breaking untuk meningkatkan konsentrasi belajar bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V SDN 5 Metro Barat. Data dianalisis deskriptif kualitatif dengan software nvivo. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik kelas V SDN 5 Metro Barat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penerapan ice breaking jenis tepuk tangan, lagu, dan games pada peserta didik kelas V SDN 5 Metro Barat sudah dilaksanakan untuk meningkatkan konsentrasi belajar muatan bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari tercapainya tiga indikator konsentrasi belajar yaitu peserta didik sudah mampu menunjukan perhatian terhadap setiap materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik, peserta didik sudah mampu berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran dengan bertanya dan memberikan pendapat, serta peserta didik sudah mampu menganalisis dan menerapkan pemahaman yang mereka miliki dengan tepat. Kata kunci: penerapan ice breaking, konsentrasi belajar. The The problem in this study is that the level of concentration of learning Indonesian in grade V students of SDN 5 Metro Barat is not optimal. The purpose of this research is to analyze the application of ice breaking to increase the concentration of learning Indonesian in grade V students of SDN 5 Metro Barat. The data was analyzed descriptively qualitative using nvivo software. The data sources in this study were the principal, educators, and fifth grade students of SDN 5 Metro Barat. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. The results of the research conducted show that the application of ice breaking types of clapping, songs, and games to fifth grade students of SDN 5 Metro Barat has been carried out to increase the concentration of learning Indonesian content. This can be seen from the achievement of three indicators of learning concentration, namely students have been able to show attention to each subject matter delivered by the educator, students have been able to actively participate during the learning process by asking questions and giving opinions, and students have been able to analyze and apply the understanding they have appropriately. Keywords: application of ice breaking, learning concentration PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - ANALISIS PENERAPAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 5 METRO BARAT AV - restricted ER -