%0 Thesis %9 Masters %A Lita , Setiawati %B KEDOKTERAN %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:83166 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T ANALISIS IMPLEMENTASI DAN STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN GIZI PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM AZ-ZAHRA KALIREJO LAMPUNG TENGAH %U http://digilib.unila.ac.id/83166/ %X Pelayanan gizi merupakan salah satu sub-sistem dalam pelayanan kesehatan paripurna, yang berfokus kepada keamanan pasien. Mengingat masih dijumpai kejadian malnutrisi di Rumah Sakit dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan lainnya, maka perlu upaya pendekatan yang lebih strategis. Asupan zat gizi yang tidak sesuai kebutuhan sangat berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit maupun komplikasinya hal itu dapat dilihat dari sisa makanan pasien rawat inap. Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis implementasi dan strategi peningkatan pelayanan gizi pasien rawat inap di RSU Az-Zahra Kalirejo Lampung Tengah tahun 2022. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis tematik, yaitu metode untuk menganalisis data kualitatif yang melibatkan pembacaan melalui sekumpulan data dan mencari pola makna data untuk menemukan tema. Informan penelitian ini dikelompokan menjadi dua yaitu Informan utama (Key Informan) dan Informan pendukung. Adapun informan utama yaitu Kepala Bidang Penunjang Medis dan informan pendukung sebanyak 19 orang yaitu kepala instalasi gizi, dokter penanggung jawab pasien, dokter umum dan pasien rawat inap. Penelitian kualitatif dilakukan dengan observasi terus terang dan wawancara semiterstuktur sampai ditemukan hasil wawancara yang jenuh, kemudian dilakukan uji triangulasi dengan wawancara seluruh informan. Hasil penelitian secara kualitatif berdasarkan wawancara semiterstruktur terhadap informan didapatkan bahwa perlu evaluasi mulai dari input, proses sampai output pelayanan gizi yang harus diperbaiki, penambahan tenaga gizi, sarana dan prasarana yang harus di maintenece, mengembangkan kembali proses perencanaan di instalasi gizi yang sudah cukup baik serta memperbaiki hasil masakan yg disajikan yang terkadang mengalami keterlambatan juga dari segi variasi makanan maupun cita rasa makanan yang harus di kaji ulang, sehingga perlu adanya starategi peningkatan pelayanan gizi agar manajemen pelayanan gizi Rumah Sakit menjadi lebih baik lagi. Kata Kunci: Pelayanan Gizi, Strategi Pelayanan Gizi, Rumah SakitNutrition services are one of the sub-systems in complete health services, which focus on patient safety. Considering that malnutrition is still found in hospitals and other health care facilities, a more strategic approach is needed. Nutrient intake that does not meet needs is closely related to an increased risk of disease and complications, this can be seen from the food waste of inpatients. The aim of the research is to analyze the implementation and strategies for improving nutrition services for inpatients at Az-Zahra Hospital Kalirejo Central Lampung in 2022. This research uses qualitative research with thematic analysis, namely a method for analyzing qualitative data that involves reading through a collection of data and looking for patterns of meaning. Data to find themes. The informants for this research were grouped into two, namely the main informants (Key Informant) and supporting informants. The main informants were the Head of the Medical Support Division and 19 supporting informants, namely the head of the nutrition installation, the doctor in charge of patients, general practitioners and inpatients. Qualitative research was carried out using frank observations and semi-structured interviews until saturated interview results were found, then a triangulation test was carried out by interviewing all informants. The results of qualitative research based on semi-structured interviews with informants found that it was necessary to evaluate starting from the input, process to output of nutrition services that had to be improved, additional nutrition personnel, facilities and infrastructure that had to be improved.maintenance, re-developing the planning process in nutrition installations which is already quite good and improving the results of the dishes served which sometimes experience delays, also in terms of food variety and food taste which must be reviewed, so there is a need for a strategy to improve nutrition services so that the management of hospital nutrition services be better. Keywords: Nutrition Services, Nutrition Service Strategy, Hospital