%0 Generic %A Triana , Setia Lestari %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:83191 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 BANJAR AGUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN %U http://digilib.unila.ac.id/83191/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan Literasi Sains peserta didik kelas X SMAN 1 Banjar Agung pada pelajaran Biologi materi Perubahan Lingkungan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen Non-equivanlent Control Group. Sampel dari penelitian ini adalah 71 peserta didik kelas X SMAN 1 Banjar Agung tahun Pelajaran 2023/2024 yang diambil dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 yang dipilih dengan Teknik purposive sampling. Data rata-rata nilai N-gain sebagai hasil kemampuan literasi sains dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test. Data angket tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif. Hasil uji Independent Sample t-Test pada Sig. 0,04<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains peserta didik kelas X SMAN 1 Banjar Agung. Hal ini di tunjukkan dari hasil nilai N-gain kelas Eksperimen sebesar 60 (Sedang) dan kenaikan literasi sains kelas eksperimen pada aspek K1 (0,61) K2 (0,60) dan K3 (0,58). Kata Kunci : Problem Based Learning dan Kemampuan Literasi Sains