?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+PROJECT+BASED+LEARNING%0D%0ATERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+DAN%0D%0AKOMUNIKASI+SAINS+TERTULIS+PESERTA%0D%0A%0D%0ADIDIK+KELAS+VII&rft.creator=FRINSMA+%2C+LISZIA+ZHAFIRA+ALDY&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+Project+Based%0D%0ALearning+(PjBL)+terhadap+kemampuan+berpikir+kreatif+dan+komunikasi+sains%0D%0Atertulis+peserta+didik+pada+materi+pencemaran+lingkungan.+Desain+yang+digunakan%0D%0Adalam+penelitian+ini+adalah+non+equivalent+control+group+design.+Pengambilan%0D%0Asampel+menggunakan+teknik+purposive+sampling%2C+dengan+kelas+VII+C+sebagai%0D%0Akelas+eksperimen+dan+VII+D+sebagai+kelas+kontrol.+Adapun+kemampuan+yang%0D%0Adiukur+yaitu+kemampuan+berpikir+kreatif+dengan+indikator+fluency%2C+flexibility%2C%0D%0Aoriginality%2C+dan+elaboration+diteliti+menggunakan+instrumen+pretest+dan+posttest.%0D%0APada+kemampuan+komunikasi+sains+tertulis+indikatornya+meliputi+kemampuan%0D%0Amenyatakan+data%2C+penulisan+informasi%2C+keakuratan+representasi+secara+ilmiah%2C+dan%0D%0Akemampuan+menyatakan+kesimpulan+diukur+menggunakan+instrumen+lembar%0D%0Apenilaian+komunikasi+tertulis.+Model+PjBL+memiliki+pengaruh+yang+signifikan%0D%0Aterhadap+kemampuan+berpikir+kreatif+peserta+didik.+Hal+ini+dibuktikan+dari+hasil%0D%0Apenilaian+N-gain+kemampuan+berpikir+kreatif+(P+%3C+0%2C05).+Rerata+N-gain+pada+kelas%0D%0Aeksperimen+sebesar+0%2C57+dengan+kategori+sedang+dan+kelas+kontrol+sebesar+0%2C29%0D%0Adengan+kategori+rendah.+Hasil+penilaian+produk+kreatif+diperoleh+kriteria+baik%2C%0D%0Adengan+perolehan+rerata+sebesar+83%25%2C+serta+kemampuan+komunikasi+sains+tertulis%0D%0Adiperoleh+dengan+kriteria+baik+dengan+perolehan+rata-rata+sebesar+79%25+pada+kelas%0D%0Aeksperimen+dan+63%25+pada+kelas+kontrol.+Berdasarkan+hasil+tersebut+dapat%0D%0Adiketahui+bahwa+penerapan+model+PjBL+berpengaruh+terhadap+kemampuan%0D%0Aberpikir+kreatif+dan+komunikasi+sains+tertulis+peserta+didik+pada+materi%0D%0Apencemaran+lingkungan.%0D%0AKata+Kunci%3A+PjBL%2C+kemampuan+berpikir+kreatif%2C+kemampuan+komunikasi+sains%0D%0Atertulis%2C+dan+pencemaran+lingkungan.%0D%0A%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-09-12&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83211%2F1%2FABSTRAK_Frinsma%2520Liszia%2520-%2520Frinsma%2520Liszia.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83211%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL_Frinsma%2520Liszia%2520-%2520Frinsma%2520Liszia.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83211%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN_Frinsma%2520Liszia%2520-%2520Frinsma%2520Liszia.pdf&rft.identifier=++FRINSMA+%2C+LISZIA+ZHAFIRA+ALDY++(2024)+PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+PROJECT+BASED+LEARNING+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+DAN+KOMUNIKASI+SAINS+TERTULIS+PESERTA+DIDIK+KELAS+VII.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83211%2F