%0 Generic %A Rafly , Nugraha Chandra Perdana %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:83216 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T STRATEGI KOMUNIKASI RAHMAT MIRZANI DJAUSAL DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2024 %U http://digilib.unila.ac.id/83216/ %X Proses pergantian dalam politik ini perlu adanya strategi komunikasi ini dilakukan guna untuk melihat grafik dalam politik untuk melihat keberhasilan yang dilakukan dari tahun ke tahun, pada pemilihan umum legislatif tahun 2024 ada beberapa partai politik menunjukan kenaikan dalam perolehan suara yang melambung tinggi jika dibandingkan dengan pemilihan umum tahun sebelumnya. Hal ini terjadi karena adanya gebrakan strategi komunikasi yang dilakukan oleh partai politik dalam mencapai tujuannya. Dibuktikan pada pemilihan umum serentak tahun 2019 dan 2024 dilakukan pada tanggal 17 April 2019 dan pada tahun 2024 dilaksanakan pada Rabu 14 Februari 2024, beberapa tokoh politik yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif salah satunya yaitu Rahmad Mirzani Djausal Dapil Bandar Lampung dengan perolehan sudara sebanyak 14. 418 ia terpilih menjadi anggota DPRD pada tahun 2019. Ditahun 2024 mencalonkan diri menjadi anggota DPRD dan meraih suara teratas usai bertarung dalam Dapil Kota Bandar Lampung dengan presentase suara 8,07% atau sebanyak 40.469. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan tujuan menggambarkan atau mendeskripsikan objek dan fenomena yang ingin diteliti. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research), yaitu mengadakan penelitian wawancara berdialog dengan objek penelitian. Focus dalam penelitian ini yaitu strategi komunikasi yang dilakukan oleh Rahmat Mirzani Djausal dalam pemilihan umum tahun 2024 dengan menggunakan konsep Anwar Arifin. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan Kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, kekuatan pengamatan, trigulasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa adanya kenaikan nilai suara pada tahun 2019 dan 2024 secara signifikan. Dengan memberikan pesan politik melalui media seperti Instagram, facebook, berita, mengadakan konser, dalam bidang keagamaan dan melakukan interaksi langsung dengan target Masyarakat terutama anak muda hal ini berhasil diraihnya. Tidak hanya itu Rahmat Mirzani Djausal juga membangun konsensus yang baik dengan presiden dan wakil presiden terpilih dan partai politik. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Rahmat Mirzani Djausal, Anwar Arifin