@misc{eprints83218, month = {Agustus}, title = {PENGARUH MODEL PBL BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR}, author = {FADHIL MAHARDIKA FAHRI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/83218/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV karena pendidik belum memaksimalkan penggunaan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis media video terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 24 peserta didik kelas IVA dan 26 peserta didik kelas IVB. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis media video terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Mekar Jaya. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, media video, problem based learning. The problem of this research is low critical thinking skills in IPAS learning of grade IV students because educators have not maximised the use of learning models. The purpose of this study was to determine the effect of problem-based learning model based on video media on critical thinking skills in IPAS learning for grade IV elementary school students. This research method is a pseudo- experimental method with a non-equivalent control group design. The research sample was 24 students of class IVA and 26 students of class IVB. Data collection techniques with test and non-test techniques in the form of observation sheets and documentation. The result of this study is that there is a significant effect on the use of problem-based learning models based on video media on critical thinking skills in social studies learning of grade IV students of SD Negeri 01 Mekar Jaya. Keywords: critical thinking skills, problem based learning, video media.} }