TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints83221 UR - http://digilib.unila.ac.id/83221/ A1 - DIANA , YOSITA Y1 - 2024/09/24/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan Virtual Laboratory PhET Simulation terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Pretest Posttest Non-Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Liwa. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan VII.4 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Dalam Pembelajaran kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan Virtual Laboratory PhET Simulation, sedangkan di kelas kontrol menggunakan model inkuiri terbimbing. Hasil Uji N-gain menunjukkan rata-rata Peningkatan kemampuan literasi sains kelas eksperimen sebesar 0,53 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,28 dengan kategori rendah. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai signifikansi 0,000 menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 26. Dilakukan juga uji pengaruh (effect size) dengan hasil nilai 1,78 dengan interpretasi efektivitas ialah besar. Dengan demikian, penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan Virtual Laboratory PhET Simulation berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing; PhET Simulation; Literasi Sains. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY PhET SIMULATION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK AV - restricted ER -