@misc{eprints83228, month = {Maret}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK}, author = { Putri Berliana}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/83228/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran IPA terpadu tipe Connected berbasis model guided inquiry dalam meningkatkan KPS peserta didik. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik MTs MA Cintamulya kelas VII-1 dan VII-2 yang berjumlah 58 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data hasil pretest, posttest, N-Gain dan tanggapan peserta didik. Hasil analisis independent sample t test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara KPS peserta didik yang menggunakan pembelajaran IPA terpadu tipe Connected berbasis model guided inquiry dan pembelajaran konvensional. Perbedaan signifikan pada peningkatan KPS peserta didik terlihat dari hasil perhitungan nilai rata-rata N- Gain peserta didik yaitu sebesar 0,8 (kategori tinggi) pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol sebesar 0,5 (kategori sedang). Besarnya pengaruh pembelajaran IPA terpadu tipe Connected berbasis model guided inquiry dalam meningkatkan KPS peserta didik terlihat dari perhitungan effect size yaitu sebesar 3,00 dengan kategori efek besar. Dengan demikian, pembelajaran IPA terpadu tipe Connected berbasis model guided inquiry memiliki efektivitas yang besar dalam meningkatkan KPS peserta didik. Selain itu, peserta didik juga memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan pembelajaran IPA terpadu tipe Connected berbasis model guided inquiry dengan nilai rata-rata jawaban ?Ya? sebesar 94,1\%. Kata kunci: Connected, Efektivitas, Inquiry, Keterampilan Proses Sains (KPS), Tanggapan Peserta Didik. } }