<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN"^^ . "Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen assessment for\r\nlearning untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik pada\r\npembelajaran fisika berbasis proyek yang valid, reliabel, dan praktis untuk\r\ndigunakan. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4 tahapan yang diadaptasi\r\ndari Thiagarajan (1974), yakni: 1) define; 2) design; 3) develop; 4) disseminate.\r\nValidasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek\r\nkonstruk, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen\r\nassessment for learning kemampuan berpikir kritis diperoleh skor 87,87% dengan\r\nkategori sangat valid. Instrumen assessment for learning untuk mengukur\r\nkemampuan berpikir kritis peserta didik ini diujicobakan kepada 35 peserta didik\r\ndan dianalisis menggunakan model Rasch berbantuan software Ministep 4.8.2.\r\nBerdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh 14 butir instrumen kemampuan\r\nberpikir kritis yang dinyatakan valid. Butir instrumen assessment for learning untuk\r\nmengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik juga dinyatakan reliabel dengan\r\nnilai alpha Cronbach sebesar 0,84 kategori bagus sekali. Uji kepraktisan instrumen\r\nassessment for learning untuk mengukur kemampuan berpikir kritis skor penilaian\r\nsebesar 87,15 dengan kriteria sangat praktis. Produk akhir instrumen assessment for\r\nlearning untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik pada\r\npembelajaran fisika berbasis proyek yang dikembangkan telah memenuhi standar\r\nkelayakan instrumen, yaitu: valid, reliabel, dan praktis.\r\nKata kunci: Assessment for Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Project Based\r\nLearning\r\n\r\nThe aim of this study is to develop an Assessment for Learning (AfL) instrument to\r\nmeasure students' critical thinking skills in project-based physics learning that is\r\nvalid, reliable, and practical for use. This developmental research employs four\r\nstages adapted from Thiagarajan (1974), namely: 1) define; 2) design; 3) develop;\r\nand 4) disseminate. The product validation was carried out by two expert lecturers\r\nand one teacher to assess the construct, substance, and language aspects. Based on\r\nexpert validation results, the critical thinking skills AfL instrument achieved a score\r\nof 87.87%, categorized as very valid. The AfL instrument for measuring students'\r\ncritical thinking skills was tested on 35 students and analyzed using the Rasch\r\nmodel with the assistance of Ministep 4.8.2 software. The trial data analysis\r\nidentified 14 critical thinking items that were deemed valid. The AfL instrument\r\nitems for measuring critical thinking skills were also found to be reliable, with a\r\nCronbach's alpha value of 0.84, categorized as excellent. The practicality test of the\r\nAfL instrument for measuring critical thinking skills resulted in a score of 87.15,\r\nclassified as highly practical. The final product of the AfL instrument developed for\r\nmeasuring students' critical thinking skills in project-based physics learning has met\r\nthe feasibility standards of an instrument, namely: valid, reliable, and practical.\r\nKeywords: Assessment for Learning, Critical Thinking Skills, Project-Based\r\nLearning"^^ . "2024-08-26" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "DWI SAFITRI"^^ . "WINDA "^^ . "DWI SAFITRI WINDA "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (File PDF)"^^ . . . "Abstrak - Viyanti 1980.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (File PDF)"^^ . . . "Skripsi Tanpa Pembahasan - Viyanti 1980.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL)\r\nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA\r\nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK\r\n\r\nTOPIK ENERGI TERBARUKAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #83241 \n\nPENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) \nUNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA \nDIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK \n \nTOPIK ENERGI TERBARUKAN\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "500 ilmu pengetahuan alam dan matematika" . . . "530 Fisika" . .