@misc{eprints83242, month = {Februari}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS ETNOSAINS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI}, author = {Nur Candini Cahya }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/83242/}, abstract = {Pembelajaran sains masih terbilang rendah disebabkan tolak ukur keberhasilan pendidikan di sekolah masih difokuskan pada segi konsep, mengasah aspek mengingat dan memahami, serta kurang melatih keterampilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD elektronik berbasis etnosains dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk menstimulus keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA 3 MAN 1 Lampung Timur yang berjumlah 31 orang. Desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,69 kategori sedang. Hasil Paired Simple T-Test diperoleh bahwa terdapat perbedaan terhadap keterampilan proses sains peserta didik sebelum dengan sesudah dilakukan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa praktikum menggunakan LKPD elektronik berbasis etnosains dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh untuk menstimulus keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Kata kunci: Etnosains; Keterampilan Proses Sains; Inkuiri Terbimbing. } }