?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP%0D%0AKETERAMPILAN+KOMUNIKASI+ILMIAH+DITINJAU%0D%0ADARI+KEMAMPUAN+AWAL+PESERTA+DIDIK&rft.creator=NIKEN+%2C+TRI+KUSUMA&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=530+Fisika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+ada+peningkatan+keterampilan%0D%0Akomunikasi+ilmiah+peserta+didik+yang+signifikan+setelah+menggunakan+model%0D%0Aproblem+based+learning+serta+mengetahui+ada+perbedaan+peningkatan%0D%0Aketerampilan+komunikasi+ilmiah+peserta+didik+dengan+kemampuan+awal+tinggi%2C%0D%0Asedang+dan+rendah+setelah+menggunakan+model+problem+based+learning.+Sampel%0D%0Ayang+digunakan%2C+yaitu+peserta+didik+kelas+X7+dan+X10+yang+tergabung+menjadi%0D%0Asatu+kelas+besar+MAN+1+Lampung+Tengah+Tahun+Ajaran+2023%2F2024.+Desain%0D%0Apenelitian+yang+digunakan+adalah+One+Group+Pretest+Posttest+Design.+Instrumen%0D%0Apenelitian+yang+digunakan%2C+yaitu+lembar+tes+pretest+dan+posttest+yang+terdiri+dari+6%0D%0Asoal+uraian+keterampilan+komunikasi+ilmiah.+Uji+hipotesis+menggunakan+uji%0D%0APaired+Sample+T-test+dan+uji+one+way+anova.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa%0D%0Aterdapat+perbedaan+rata-rata+nilai+pretest+dan+posttest+peserta+didik%2C+yang+mana%0D%0Anilai+posttest+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+nilai+pretest%2C+sehingga+dapat%0D%0Adinyatakan+bahwa+ada+peningkatan+keterampilan+komunikasi+peserta+didik.+Selain%0D%0Aitu%2C+diperoleh+nilai+uji+one+way+anova+lebih+besar+dari+0%2C05+menunjukkan+bahwa%0D%0Atidak+terdapat+perbedaan+N-Gain+keterampilan+komunikasi+ilmiah+peserta+didik%0D%0Aantara+kemampuan+awal+tinggi%2C+sedang+dan+rendah.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+keterampilan+komunikasi+ilmiah%3B+model+problem+based+learning%3B%0D%0Akemampuan+awal%0D%0A%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-08-29&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83248%2F1%2FAbstraks%2520-%2520niken%2520trikusuma25.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83248%2F2%2FSkripsi%2520Lengkap%2520Tanpa%2520Lampiran%2520-%2520niken%2520trikusuma25.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83248%2F3%2FSkripsi%2520Tanpa%2520Pembahasan%2520-%2520niken%2520trikusuma25.pdf&rft.identifier=++NIKEN+%2C+TRI+KUSUMA++(2024)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+KETERAMPILAN+KOMUNIKASI+ILMIAH+DITINJAU+DARI+KEMAMPUAN+AWAL+PESERTA+DIDIK.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83248%2F