%A TRI KUSUMA NIKEN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada peningkatan keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik yang signifikan setelah menggunakan model problem based learning serta mengetahui ada perbedaan peningkatan keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik dengan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah setelah menggunakan model problem based learning. Sampel yang digunakan, yaitu peserta didik kelas X7 dan X10 yang tergabung menjadi satu kelas besar MAN 1 Lampung Tengah Tahun Ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar tes pretest dan posttest yang terdiri dari 6 soal uraian keterampilan komunikasi ilmiah. Uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji one way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest peserta didik, yang mana nilai posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest, sehingga dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik. Selain itu, diperoleh nilai uji one way anova lebih besar dari 0,05 menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan N-Gain keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik antara kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. Kata kunci: keterampilan komunikasi ilmiah; model problem based learning; kemampuan awal %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints83248