<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS"^^ . "Permasalahan mengenai kerusakan lingkungan menjadi isu utama yang terus\r\ndisoroti oleh semua kalangan. Iliterasi lingkungan yang melatarbelakangi\r\npermasalahan tersebut. Upaya demi upaya terus dilakukan untuk meminimalisir\r\ndengan memegang teguh prinsip keberlanjutan bagi semua pihak. Di dunia\r\npendidikan, tranfer pengetahuan berwawasan lingkungan menjadi sangat penting\r\nuntuk membentuk perilaku yang pro akan lingkungan. Integrasi penggunaan\r\nmetode yang variatif seperti outdoor study berbasis ecological approach dapat\r\nmemberikan sumbangsih bagi permasalahan lingkungan. Mengangkat akar dari\r\npermasalahan tersebut, maksud dan tujuan dari penelitian ini meliputi menganalisis\r\n(1) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran outdoor study berbasis ecological\r\napproach terhadap literasi lingkungan peserta didik di SMA; (2) Analisis serta\r\nmenganalisis korelasi penggunaan metode pembelajaran outdoor study berbasis\r\necological approach terhadap literasi lingkungan peserta didik di SMA. Metode\r\nyang digunakan pada penelitian ini berupa eksperimen dengan desain posttest-only\r\ncontrol group design. Sedangkan, teknik analisis yang digunakan berupa statistic\r\ninferensial dengan menggunakan ANOVA dan analisis korelasi. Adapun, hasil dari\r\npenelitian ini meliputi (1) Penggunaan metode pembelajaran outdoor study berbasis\r\necological approach memiliki pengaruh secara signifikan (Sig. <0.05) dengan\r\nkontribusi sebesar 37% pada tingkat literasi lingkungan mereka; (2) Terdapat\r\nkorelasi antar indicator literasi lingkungan yang meliputi pengetahuan,\r\nketerampilan kognitif dan sikap (Sig. <0.05). Namun faktor perilaku tidak memiliki\r\nkorelasi secara signifikan (Sig. >0.05). Karena pada dasarnya perilaku pro\r\nlingkungan tidak dapat dibentuk secara instan pada setiap individu. Simpulan pada\r\npenelitian ini penggunaan metode pembelajaran outdoor study berbasis ecological\r\napproach memiliki pengaruh terhadap literasi lingkungan peserta didik di sekolah.\r\nKata kunci: Ecological Approach, Geografi, Literasi Lingkungan, Outdoor Study\r\n\r\nThe problem of environmental degradation is a major issue that continues to be\r\nhighlighted by all circles. Environmental illiteracy is behind the problem. Efforts\r\ncontinue to be made to minimize it by upholding the principle of sustainability for\r\nall parties. In the world of education, the transfer of environmentally sound\r\nknowledge is very important to shape pro-environmental behavior. The integration\r\nof the use of varied methods such as outdoor study based on an ecological approach\r\ncan contribute to environmental problems. Raising the roots of these problems, the\r\naims and objectives of this study include analyzing (1) The effect of using the\r\noutdoor study learning method based on the ecological approach on the\r\nenvironmental literacy of students in high school; (2) Modeling and analyzing the\r\ncorrelation of the use of outdoor study learning methods based on ecological\r\napproach to environmental literacy of students in high school. The method used in\r\nthis research is an experiment with a posttest-only control group design. The\r\nmethod used in this research is an experiment with a posttest-only control group\r\ndesign. Meanwhile, the analysis technique used is inferential statistics using\r\nANOVA and correlation analysis. The results of this study include (1) The use of\r\noutdoor study learning method based on ecological approach has a significant (Sig.\r\n<0.05) with contribution 37% on influence on the level of environmental literacy;\r\n(2) There is a correlation between environmental literacy indicators which include\r\nknowledge, cognitive skills and attitudes (Sig. <0.05). However, behavioral factors\r\n\r\ndo not have a significant correlation (Sig. >0.05). Because basically pro-\r\nenvironmental behavior cannot be formed instantly in every individual. The\r\n\r\nconclusion of this study is that the use of outdoor learning methods based on an\r\necological approach has an influence on the environmental literacy of students at\r\nschool.\r\nKeywords: Ecological Approach, Environmental Literacy, Outdoor Study,"^^ . "2024-07-04" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENGETAHUAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "RIZALDI"^^ . "BRAM"^^ . "RIZALDI BRAM"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK - ABSTRACT - Kak Dan.pdf"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Kak Dan.pdf"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY\r\nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP\r\nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK\r\nSEKOLAH MENENGAH ATAS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #83277 \n\nPENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY \nBERBASIS ECOLOGICAL APPROACH TERHADAP \nLITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK \nSEKOLAH MENENGAH ATAS\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "900 Sejarah dan Geografi" . . . "902 Aneka ragam sejarah" . .