<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi dalam model\r\npembelajaran inkuiri terbimbing yang diharapkan mampu untuk meningkatkan\r\nketerampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode\r\npenelitian menurut ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analisys, Design,\r\nDevelopment, Implementation, Evaluation. Teknik sampling yang digunakan dalam\r\npenelitian ini adalah sample cluster class random sampling, populasi penelitian ini\r\nadalah peserta didik kelas V di Kecamatan Bumiwaras, sampel dalam penelitian ini\r\nadalah kelas V di SDN 3 Bumiwaras pada kelas VA dijadikan sebagai kelas kontrol\r\nsedangkan kelas VB dijadikan kelas eksperimen. Hasil penelitian meliputi\r\nkevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Kevalidan produk dilihat dari hasil\r\nvalidasi produk tergolong sangat valid, pada segi materi menunjukkan rata-rata\r\nsebesar 0,926. Segi bahasa menunjukkan rata-rata sebesar 0,849. Segi media\r\nmenunjukkan rata-rata sebesar 0,913. Instrumen tes juga divalidasikan oleh\r\nvalidator sebagai produk penelitian menunjukkan rata-rata sebesar 0,833.\r\nKepraktisan produk dapat dilihat dari rata-rata persentase respon pendidik sebesar\r\n91,79% dengan interpretasi sangat praktis, sedangkan respon peserta didik sebesar\r\n94,07% dengan interpretasi sangat praktis. Efektivitas produk dapat dilihat\r\nberdasarkan hasil perbandingan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta\r\ndidik pada kedua sampel yaitu kelas eksperimen menggunakan produk dan kelas\r\nkontrol tidak menggunakan produk. Berdasarkan hasil rekapitulasi membuktikan\r\nbahwa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,79 dengan\r\nkriteria tinggi dan kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,20 dengan\r\nkriteria rendah. Kesimpulannya kelas eksperimen dengan menggunakan media\r\nanimasi dalam pembelajaran model inkuiri terbimbing pada saat pembelajaran di\r\nkelas tergolong efektif, hal ini dibuktikan dengan membandingkan rata-rata\r\npersentase kedua kelas tersebut.\r\nKata kunci: Media Animasi, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif\r\n\r\nThis research aims to develop animation media in a guided inquiry learning\r\nmodel which is expected to be able to improve students' creative thinking skills.\r\nThis research uses research methods according to ADDIE with five stages, namely:\r\nAnalysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The sampling\r\ntechnique used in this research is cluster class random sampling, the population of\r\nthis research is class V students in Bumiwaras District, the sample in this research\r\nis class V at SDN 3 Bumiwaras in class VA is used as a control class while class\r\nVB is used as an experimental class . Research results include product validity,\r\npracticality and effectiveness. Product validity seen from the product validation\r\nresults is classified as very valid, in terms of material it shows an average of 0.926.\r\nThe language aspect shows an average of 0.849. The media aspect shows an average\r\nof 0.913. The test instrument was also validated by the validator as a research\r\nproduct showing an average of 0.833. The practicality of the product can be seen\r\nfrom the average percentage of educators' responses of 91.79% with very practical\r\ninterpretations, while student responses were 94.07% with very practical\r\ninterpretations. The effectiveness of the product can be seen based on the\r\ncomparison results of increasing students' creative thinking skills in the two\r\nsamples, namely the experimental class using the product and the control class not\r\nusing the product. Based on the recapitulation results, it was proven that the\r\nexperimental class got an N-Gain value of 0.79 with high criteria and the control\r\nclass got an N-Gain value of 0.20 with low criteria. In conclusion, the experimental\r\nclass using animation media based on the guided inquiry learning model during\r\nclassroom learning is classified as effective, this is proven by comparing the\r\naverage percentage of the two classes.\r\nKeywords: Animation Media, Guided Inquiry, Creative Thinking"^^ . "2024-03-16" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "SELVA UTAMI\t"^^ . "HERFINA "^^ . "SELVA UTAMI\t HERFINA "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - HERFINA SELVA UTAMI.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - HERFINA SELVA UTAMI.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL\r\nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF\r\n\r\nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #83289 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL \nINKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK \nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF \n \nSISWA SEKOLAH DASAR KELAS V\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . .