%0 Generic %A Cyntia Mutiara, Putri %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:83293 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA N 1 AIR NANINGAN %U http://digilib.unila.ac.id/83293/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA N 1 Air Naningan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA N 1 Air Naningan kelas X dan XI. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan skala motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikan sebesar (0,000<0,05) dan memiliki nilai koefisien korelasi 0,403 atau 40,3%. Temuan ini mengindikasikan bahwa lingkungan sosial yang mendukung dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sehingga berimplikasi pada perbaikan kinerja akademis mereka. Penelitian ini menyarankan agar sekolah dan orang tua lebih memperhatikan aspek dukungan sosial dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Dukungan Sosial, Motivasi belajar, Peserta didik This research aims to examine the influence of social support on students' learning motivation at SMA N 1 Air Naningan. The research method used is descriptive quantitative using a questionnaire as a data collection instrument. The respondents in this research were students of SMA N 1 Air Naningan classes X and XI. The sample in this study consisted of 80 respondents. Data collection techniques use a social support scale and a learning motivation scale. Data analysis uses a simple regression test. The results of this research show that: social support influences learning motivation with a significant value of (0.000<0.05) and has a correlation coefficient of 0.403 or 40.3%. These findings indicate that a supportive social environment can increase students' learning motivation, thus having implications for improving their academic performance. This research suggests that schools and parents pay more attention to aspects of social support in an effort to increase students' learning motivation. Keywords: Social Support, Learning Motivation, study consisted