creators_name: Zubaedah , - creators_id: 2123053023 type: thesis datestamp: 2025-02-12 07:53:30 lastmod: 2025-02-12 07:53:30 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kebutuhan guru dan siswa dalam mengembangkan menghasilkan media pembelajaran video interaktif berbasis articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas V SD yang layak. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan guru kelas V dan observasi lapangan. Peneliti mendapatkan informasi berdasarkan observasi yang dilakukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SDN 3 Bumi Nabung Timur dengan presentase 58, 88 %. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti ditemukan hambatan dalam pelaksanaan dalam belajar mengajar, yaitu kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran. Kesimpulan penelitian media pembelajaran telah memenuhi kriteria sangat layak. digunakan dalam penelitian. Produk telah memenuhi kriteria praktis yang diambil dari hasil angket respon pendidik dan peserta didik. Kepraktisan produk dapat dilihat dari kegiatan peserta didik dalam menggunakan media video interaktif berbasis articulate storyline. Keefektifan produk yang diambil dari mmembandingkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kedua sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil rekapitulasi membuktikan bahwa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai effect size yang didapatkan sebesar 1, 50 berkategori besar Kata Kunci: Articulate Storyline, Berpikir Kritis, Media Pembelajaran video interaktif The purpose of this study is to find out and analyze the needs of teachers and students in developing interactive video learning media based on articulate storyline to improve students' critical thinking skills in decent grade V elementary school thematic learning. Data collection was obtained through interviews with grade V teachers and field observations. Researchers obtained information based on observations made that the critical thinking skills of grade V students of SDN 3 Bumi Nabung Timur with a percentage of 58. 88%. Based on observations made by researchers, obstacles were found in the implementation of teaching and learning, namely the lack of use of learning media that supports learning. The conclusion of the learning media research has met the criteria of being very feasible. used in research. The product has met practical criteria taken from the results of educator and student response questionnaires. The practicality of the product can be seen from the activities of students in using interactive video media based on articulate storyline. The effectiveness of the product taken from comparing the improvement of students' critical thinking skills in both samples, namely the experimental class and the control class. Based on the results of the recapitulation, it is proven that the experimental class gets an effect size value of 1. 50 in the large category. Keywords: Articulate Storyline, Critical Thinking, Interactive Video Learning Media. date: 2024-04-24 date_type: published institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters citation: Zubaedah , - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/83302/1/ABSTRAK%20-%20ZUBAEDAH.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83302/2/TESIS%20FULL%20-%20ZUBAEDAH%20%281%29.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83302/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20ZUBAEDAH.pdf