title: MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA KELAS VIII.E DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SMP NEGERI I SUKOHARJO TAHUN 2012 / 2013 creator: 1013112011 , SRI PIAH subject: description: Hasil observasi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukoharjo memiliki karakteristik aktivitas dan penguasaan konsep yang relatif rendah. Selama proses pembelajaran, keterlibatan siswa masih kurang, siswa masih pasif serta guru kurang variasi dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga perlu dilakukan pembelajaran yang efektif melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penilaianan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan penguasaan konsep Biologi kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi untuk menyusun tindakan selanjutnya. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tehnik pengambilan data aktivitas dilakukan pada saat proses belajar dan dianalisis dengan observasi penguasaan konsep dilakukan dengan tes setiap akhir siklus menggunakan soal pilihan jamak dan dianalisis dengan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I rerata aktivitas siswa sebesar 3,74, siklus II meningkat menjadi 7,33 dan siklus III meningkat menjadi 8,00. Sedangkan penguasaan konsep oleh siswa pada siklus I sebesar 53,33% dengan nilai rata-rata kelas 56,33. Pada siklus II meningkat menjadi 66,67% dengan nilai rata-rata kelas 65,00 dan pada siklus III meningkat menjadi 83,33% dengan nilai rata-rata kelas 84,33. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep Biologi oleh siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukoharjo. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, STAD, aktivitas belajar siswa, dan penguasaan konsep Biologi date: 2013-04-13 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/1/1.COVER.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/2/2.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/3/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/4/4.%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/5/5.%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/6/6.%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/6/8.%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/6/9.MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/6/10.%20SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/7/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/8/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/9/BAB%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/9/BAB%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/9/13.DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/9/14.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/9/12.%20DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/10/BAB%203.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/11/BAB%204.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8333/11/BAB%205.pdf identifier: 1013112011 , SRI PIAH (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA KELAS VIII.E DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SMP NEGERI I SUKOHARJO TAHUN 2012 / 2013. Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/8333/