?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+STUDENT+TEAMS%0D%0AACHIEVEMENT+DEVISIONS+(STAD)DALAM+MENINGKATKAN%0D%0APRESTASI+BELAJAR+PKn+PADA+SISWA+KELAS+VIII%0D%0ASMP+SANTO+THOMAS+TOTOKARTO+ADILUWIH%0D%0ASEMESTER+GANJIL+TAHUN+PELAJARAN%0D%0A2010%2F2011&rft.creator=1013114002%2C+RAFAEL+EKO+SUPRIYONO&rft.subject=+&rft.description=Tujuan+penelitian+adalah+bahwa+penggunaan+model+pembelajaran+Student+Teams%0D%0AAchievement+Devisions+(STAD)dapat+meningkatkan+prestasi+belajar+siswa%2C%0D%0Amemberikan+sumbangan+pemikiran+bagi+guru+mata+pelajaran+PKn+dan+guru+mata%0D%0Apelajaran+yang+lain+tentang+efektivitas+penggunaan+model+pembelajaran+Student+Teams%0D%0AAchievement+Devisions+(STAD)%0D%0AModel+pembelajaran+Student+Teams++Achievement+Devisions+(STAD)merupakan%0D%0Apembelajaran+kooperatif+yang+sederhana+dan+mudah+untuk+dilaksanakan+pada%0D%0Apembelajaran+terutama+bagi+para+guru+yang+baru+menggunakannya.+Kesederhanaan+ini%0D%0Ananmpak+pada+beberapa+langkah+kegiatan+yang+dilakukan+pada+model+pembelajaran%0D%0AStudent+Teams++Achievement+Devisions+(STAD)yaitu+guru+menyampaikan+meteri%0D%0Apelajaran+dilanjutkan+siswa+dengan+berdiskusi+dan+selanjutnya+melakukan+pengisian%0D%0Alembar+kerja+secara+individu+dan+secara+individu+siswa+mengerjakan+soal.%0D%0APembelajaran+penggunaan+model+Student+Teams++Achievement+Devisions+(STAD)ada%0D%0Alima+komponen+diantaranya+pertama+presentasi+kelas%2C+kedua+belajar+kelompok%2C+ketiga%0D%0Apemberian+peranyaan%2C+keempat+peningkatan+skor+individu%2C+dan+kelima+penghargaan%0D%0Akelompok.%0D%0AStudent+Teams++Achievement+Devisions+(STAD)adalah+sebuah+model+pembelajaran%0D%0Ayang+dilakukan+dalam+2+tahap%2C+yaitu+tahap+persiapan+dan+proses.+Tahap+persiapan%0D%0Adiantaranya%2C+menentukan+materi%2C+menugaskan+siswa+membentuk+kelompok+dan%0D%0Amenentukan+Skor++prestasi+awal.+Sedangkan+tahap+proses++diantaranya+mengajar+yang%0D%0Amencakup+presentasi%2C+pembukaan%2C+pengembangan+dan+latihan+terbimbing.%0D%0ADalam+penelitian+ini+metode+yang+digunakan+adalah+Penelitian+Tindakan+Kelas.%0D%0APenelitian+ini+berusaha+mengkaji%2C+merefleksikan+secara+kritis+dan+kolaboratif+suatu%0D%0Arencana+pembelajaran+terhadap+kinerja+guru+serta+interaksi+antara+guru+dan+siswa.%0D%0APenelitian+tindakan+kelas+atau+biasa+disebut+dengan+class+room+active+research+ialah%0D%0Asuatu+pencermatan+terhadap+kegiatan+belajar+sebuah+tindakan+yang+sengaja%0D%0Adimunculkan+dan+terjadi+dalam+kelas+secara+bersama.%0D%0APenelitian+ini+dilakukan+untuk+menemukan+suatu+jawaban+atas+adanya+masalah+yang%0D%0Adihadapi+guru+dalam+menerapkan+metode+pembelajaran+STAD+dalam+rangka%0D%0Ameningkatkan+prestasi+belajar+siswa.+Penelitian+ini+adalah+penelitian+tindakan+kelas%0D%0A(PTK)+yang+bersifat+siklus+dan+terdiri+dari+empat+rangkaian+kegiatan+yang+dilakukan%0D%0Adalam+siklus+berulang.+Empat+kegiatan+utama+yang+ada+pada+setiap+siklus%2C+yaitu%0D%0Aplanning%2C+acting%2C+observating%2C+dan+reflecting.%0D%0ADalam+satu+siklus+terdapat+empat+tahapan.+Sesudah+suatu+siklus+selesai%2C+khususnya%0D%0Asesudah+adanya+refleksi%2C+kemudian+diikuti+dengan+adanya+perencanaan+ulang+yang%0D%0Adilaksanakan+dalam+bentuk+siklus+tersendiri.%0D%0APenelitian+tindakan+kelas+ini+dibagi+menjadi+tiga+siklus%2C+setiap+siklus+terdiri+dari+suatu%0D%0Akompetensi+dasar+yang+terdiri+dari+tiga+kali+pertemuan%2C+dan+setiap+satu+kompetensi%0D%0Adasar+selesai+akan+diadakan+tes+formatif+untuk+mengetahui+tingkat+pemahaman+siswa%0D%0Apada+materi+pokok+tersebut+serta+dilakukan+observasi+untuk+melihat+aktivitas+siswa%0D%0Adalam+pembelajaran+melalui+penerapan+model+pembelajaran+STAD.%0D%0AUntuk+langkah-langkah+kegiatannya+antara+lain%0D%0A1.+Membentuk+kelompok%0D%0A2.+Guru+menyajikan+pelajaran+berdasar+SK+dan+KD%0D%0A3.+Guru+memberi+tugas+kepada+kelompok%0D%0A4.+Guru+memberi+pertanyaan%0D%0A5.+Guru+memberikan+evaluasi%0D%0A6.+Kesimpulan.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penggunaan+model+pembelajaran+STAD+ternyata%0D%0Adapat+meningkatkan+prestasi+belajar+siswa.+Hal+ini+dapat+terlihat+dari+pencapaian+nilai%0D%0Asebelum+dan+sesudah+menggunakan+metode+STAD%0D%0ABerdasarkan+dua+keterangan+ini+maka+dapat+disimpulkan+model+pembelajaran+STAD%0D%0Amerupakan+suatu+pendekatan+kooperatif+yang+paling+sederhana+dan+mudah+untuk%0D%0Adilaksanakan+pada+pembelajaran+terutama+bagi+para+guru+yang+baru+menggunakannya.%0D%0AKesederhanaan+ini+nampak+pada+beberapa+langkah+kegiatan+yang+dilakukan+dalam%0D%0Amodel+STAD+yaitu+guru+menyampaikan+materi+pelajaran%2C+dengan+berdiskusi+siswa%0D%0Amengerjakan+lembar+kerja%2C+dan+secara+individu+siswa+mengerjakan+ulangan.&rft.date=2013-01-01&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F2%2Fcover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F3%2FCover%2520Dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F4%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F5%2FKATA%2520PENGANTAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F6%2FMOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F7%2FPengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F8%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F9%2FPersetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F10%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F12%2FSURAT%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F15%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F16%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++1013114002%2C+RAFAEL+EKO+SUPRIYONO++(2013)+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+STUDENT+TEAMS+ACHIEVEMENT+DEVISIONS+(STAD)DALAM+MENINGKATKAN+PRESTASI+BELAJAR+PKn+PADA+SISWA+KELAS+VIII+SMP+SANTO+THOMAS+TOTOKARTO+ADILUWIH+SEMESTER+GANJIL+TAHUN+PELAJARAN+2010%2F2011.++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8334%2F