<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU"^^ . "Tunarungu merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut anak yang\r\nmemiliki kemampuan pendengaran di bawah rata-rata bahkan sampai hilang\r\ndengar. Pendengaran di bawah rata-rata normal ini menyebabkan tunarungu\r\nmempunyai kesulitan pada komunikasi yang mengakibatkan akademik siswa\r\nmenjadi terganggu. Oleh karena itu peran guru dalam menerapkan akomodasi\r\nkomunikasi kepada siswa tunarungu sangat di perlukan. SDLBN Pringsewu\r\nmemiliki komposisi siswa yang kompleks dari berbagai kabupaten sekitar\r\nmenjadikan SDLBN Pringsewu tempat cocok untuk penelitian ini. Tujuan\r\npenelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana akomodasi komunikasi dengan\r\nsiswa berkebutuhan khusus tunarungu dan hambatan apa yang ditemui guru\r\nSekolah Dasar Luar Biasa Negeri Kabupaten Pringsewu dalam melakukan\r\nkomunikasi dengan siswa tunarungu. Teori Akomodasi Komunikasi oleh Howard\r\nGiles menjadi teori yang digunakan di dalam penelitian ini. Metode penelitian\r\nyang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini\r\nberupa data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi kelapangan,\r\nwawancara dengan informan dan dokumentasi hasil penelitian. Berdasarkan\r\npembahasan yang dilakukan didapatkan bahwa akomodasi komunikasi yang\r\ndilakukan antara guru dengan siswa berkebutuhan khusus tunarungu Sekolah\r\nDasar Luar Biasa Negeri Kabupaten Pringsewu dalam kegiatan belajar mengajar\r\nberhasil di lakukan dan memberikan dampak yang positif pada pembelajaran\r\nseperti memudahkan guru untuk berkomunikasi dengan siswa dan memudahkan\r\nsiswa dalam menerima materi pembelajaran. Hal ini berdasarkan kategori yang\r\ndiberikan. Hambatan yang dialami orang tua yaitu kondisi ketunarunguan itu\r\nsendiri, latar belakang yang berbeda, fasilitas kegiatan belajar mengajar yang\r\nkurang, dan ketidak kondusifan suasana belajar dalam kelas.\r\nKata Kunci : Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Rungu, Akomodasi Komunikasi\r\nThe term deaf is used to refer to children who have below-average hearing ability\r\nor even hearing loss. Hearing below the normal average causes deaf students to\r\nhave difficulties in communication which results in academic disruption.\r\nTherefore, the role of teachers in implementing communication accommodations\r\nfor deaf students is needed. SDLBN Pringsewu has a complex composition of\r\nstudents from various surrounding districts making SDLBN Pringsewu a suitable\r\nplace for this research. The purpose of this research is to find out how\r\ncommunication accommodation with students with special needs who are deaf\r\nand what obstacles teachers of SDLBN Pringsewu encounter in communicating\r\nwith deaf students. Communication Accommodation Theory by Howard Giles is\r\nthe theory used in this research. The research method used is descriptive\r\nqualitative. The data sources in this research are primary and secondary data\r\nobtained from field observations, interviews with informants and documentation\r\nof research results. Based on the results of the research and discussion conducted,\r\nit is found that the communication accommodation carried out between teachers\r\nand students with special needs deafness at the SDLBN Pringsewu in teaching\r\nand learning activities is successful and has a positive impact on learning such as\r\nmaking it easier for teachers to communicate with students and making it easier\r\nfor students to receive learning materials. This is based on the category given.\r\nThe obstacles experienced by parents are the condition of deafness itself, different\r\nbackgrounds, lack of teaching and learning facilities, and the unconducive\r\nlearning atmosphere in the classroom.\r\nKeywords : Children with special needs who are deaf , Communication\r\nAccommodation\r\n"^^ . "2024-07-16" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK"^^ . . . . . . . "FARIZ NOVANSYAH"^^ . "TEGAR "^^ . "FARIZ NOVANSYAH TEGAR "^^ . . . . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (File PDF)"^^ . . . "skripsi abstark - Tegar Fariz Novansyah.pdf"^^ . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (File PDF)"^^ . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (File PDF)"^^ . . . "skripsi tanpa pembahasan - Tegar Fariz Novansyah.pdf"^^ . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "AKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA\r\nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR\r\n\r\nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #83352 \n\nAKOMODASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR SISWA \nBERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SEKOLAH DASAR \n \nLUAR BIASA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU\n\n" . "text/html" . . . "300 Ilmu sosial" . . . "380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi" . .