TY  - JOUR
ID  - eprints8336
UR  - http://digilib.unila.ac.id/8336/
A1  - 0643031018, Ike Reginasti
Y1  - 2013/03/11/
N2  - Hasil belajar merupakan prestasi yang di dapat atau di peroleh siswa selama mengikuti proses
belajar mengajar disekolah. Kurangnya interaksi antara siswa dengan guru dan sesame
elemen yang ada disekolah akan mengurangi semangat belajar siswa sehingga prestasi belajar
siswa pun akan menurun. Oleh karena itu, di perlukan adanya kerjasama dan interaksi antar
elemen yang ada di sekolah.Banyak faktor yang diduga berpengaruh terhadap hasil belajar, di
antaranya adalah persepsi siswa tentang fasilitas belajar disekolah dan minat belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar
siswa disekolah dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI semester
ganjil SMA Negeri 1 Kasui Way Kanan tahun pelajaran 2011/2012.
Permasalahan penelitian ini adalah:
(1)Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar disekolah terhadap hasil
belajar ekonomi siswa kelas XI semester ganjil SMA N 1 Kasui Way Kanan Tahun
Pelajaran 2011/2012?
(2)Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI
semester ganjil SMA N 1 Kasui Way Kanan Tahun Pelajaran 2011/2012?
(3)Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah dan minat
belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI semester ganjil SMA N 1 Kasui
Way Kanan Tahun Pelajaran 2011/2012?
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan metode Expos facto
dan surve. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument yang berbentuk angket,
dengan skala pengukuran responden yang menggunakan skala ukur samantik diferrensial.
Sampel sebanyak 59 siswa diambil dengan menggunakan proportional random sampling.
Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, dokumentasi, studi
kepustakaan, dan angket.Untuk menguji hipotesis 1 dan 2 digunakan statistik t dengan model
regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis keti gamenggunak anstatistik F dengan model
regresi linier multipel.
Berdasarkanhasilanalisis data yang dilakukanmakahasilnyasebagaiberikut:
(1)Ada pengaruh positif antara persep sisiswa tentang failitas belajardisekolah terhadap
hasil belajar ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Kasui Way KananTahunPelajaran
2011/2012. Dapat dilihat bahwa t
hitung
diperoleh sebesar 4,938 dan t
tabel
2,01dengan
demikian t
hitung
> t
tabel
maka H
0
ditolak dan H
diterima, dan sig. 0,000 < 0,05
(signifikan).
1
(2)Ada pengaruh positif antara minat belajar siswa disekolah terhadap hasil belajar
ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Kasui Way Kanan Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dapat dilihat bahwa t
hitung
diperoleh sebesar 9,234 dan t
2,01dengan demikian
t
hitung
> t
tabel
maka H
0
ditolak dan H
1
tabel
diterima, dan sig. 0,000 < 0,05 (signifikan).
(3)Ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang failitas belajardisekolah dan minat
belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Kasui Way Kanan
Tahun Pelajaran 2011/2012. Dapat dilihat bahwa f
diperoleh sebesar 50,471 dan
f
tabel
3,16 dengan demikian f
hitung
> f
tabel
maka H
0
hitung
ditolak dan H
diterima, dan sig.
0,000 < 0,05 (signifikan).
Kata Kunci: Fasilitas, MinatdanHasilBelajar
JF  - Digital Library
TI  - PENGARUH PERSEPSI SIWA TENTANG FASILITASBELAJAR
DISEKOLAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR
EKONOMI SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL
SMA NEGERI 1 KASUI WAY KANAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
AV  - restricted
ER  -