creators_name: GHINAA , ALYAA ARZSKI creators_id: 2053034011 type: other datestamp: 2025-02-12 13:44:12 lastmod: 2025-02-12 13:44:12 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 PAGELARAN ispublished: pub subjects: 370 subjects: 900 full_text_status: restricted abstract: Penelitian bertujuan ini untuk mencari apakah ada pengaruh dari penerapan kurikulum meredeka terhadap minat belajar mata pelajaran geografi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pagelaran. Minat belajar siswa tergantung dengan bagaimana dan oleh siapa mereka diajar, sehingga pergantian kurikulum merdeka bisa saja memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Pagelaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi di dalam penelitian adalah siswa kelas tinggi yang berjumlah 247 siswa dan SMA Negeri 1 Pagelaran, dengan sampel diambil 15% dari siswa kelas X yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengambilan sampel pada peneltian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini tidak terdapat pengaruh pelaksanaan kurikulum merdeka terhadap minat belajar pada mata pelajaran geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pagelaran. Hal ini dapat dibuktikan perhitungan uji hipotesis yaitu hasil persamaan regresi linier sederhana adalah 0,073 > 0,05 dinyatakan Ha tidak diterima dan Ho tidak ditolak. Maka dapat disimpulkan tidak ada pengaruh pelaksanaan kurikulum merdeka terhadap minat belajar pada mata pelajaran geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pagelaran. Kata kunci : Kurikulum, Minat Belajar, Geografi. The purpose of this research is to find out whether there is an influence from the implementation of their curriculum on interest in studying geography subjects among class X students at SMA Negeri 1 Pagelaran. Students' interest in learning depends on how and by whom they are taught, so the change to the independent curriculum could have an impact on students' interest in learning at SMA Negeri 1 Pagelaran. The type of research used in this research is quantitative research with an associative approach. The population in the research was high class students totaling 247 students from SMA Negeri 1 Pagelaran, with samples taken by lottery from class X students totaling 38 students. The sampling technique in this research used a proportionate stratified random sampling technique. Data collection techniques use questionnaires, observation, and documentation. The results of this research show the influence of the implementation of the independent curriculum on interest in studying geography subjects for class X students at SMA Negeri 1 Pagelaran. This can be proven by calculating the hypothesis test, namely the results of the simple linear regression equation are: 0,073 > 0,05, stating that Ha is not accepted and Ho is not rejected. So it can be concluded that there is no influence of the implementation of the independent curriculum on interest in studying geography subjects for class X students at SMA Negeri 1 Pagelaran. Keywords : Curriculum, Learning Interests, Geography date: 2024-08-14 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: GHINAA , ALYAA ARZSKI (2024) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 PAGELARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/83397/1/Abstrak%20-%20Ghinaa%20Alyaa%20Arzski.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83397/3/Skripsi%20Full%20%28Tanpa%20Lampiran%29%20-%20Ghinaa%20Alyaa%20Arzski.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83397/2/Skripsi%20Tanpa%20Pembahasan%20%28Tanpa%20Lampiran%29%20-%20Ghinaa%20Alyaa%20Arzski.pdf