?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF%0D%0ATIPE+JIGSAW+TERHADAP+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA%0D%0APADA+MATERI+POKOK+PERAN+MANUSIA+DALAM+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN%0D%0A(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+5+Bandar+Lampung%0D%0ASemester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014)%0D%0A&rft.creator=Rohmaniar%2C+0853024044&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+mengetahui+efektivitas+model+pembelajaran+Jigsaw+terhadap+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Penelitian+ini+dilaksanakan+di+SMP+N+5+Bandar+Lampung+dengan+desain+pretes-postes+tak+ekuivalen.+Sampel+penelitian+siswa+kelas+V11h+dan+V11i+dipilih+menggunakan+metode+Purposive+Sampling.+Data+penelitian+berupa+data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretest%2C+posttest%2C+dan+N-gain+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-t+dan+uji-U+dan+data+kualitatif+diperoleh+dari+lembar+observasi+aktivitas+belajar+dan+angket+tanggapan+siswa+dianalisis+secara+deskriptif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+adanya+peningkatan+hasil+belajar+siswa+kelas+eksperimen+dengan+rata-rata+N-gain+eksperimen+(54%2C90+)+lebih+tinggi+dari+N-gain+kelas+kontrol+(22%2C41).+Pada+aktivitas+belajar+siswa+pada+kelas+yang+menggunakan+model+pembelajaran+Jigsaw+sebesar+73%2C61%25+lebih+tinggi%2C+dibandingkan+dengan%0D%0APENGELOLAAN+LINGKUNGAN%0D%0A(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+5+Bandar+Lampung%0D%0ASemester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014)%0D%0Aii%0D%0Akelas+yang+mengggunakan+metode+diskusi+sebesar+60%2C14%25.+Dan+aspek+aktivitas+yang+diamati+tertinggi+pada+kelas+Jigsaw+yaitu+bertukar+informasi+dengan+kreteria%0D%0Abaik+sedangkan+untuk+kelas+Kontrol+tertinggi+pada+saat+melakukan+kegiatan+diskusi+dengan+kreteria+cukup.+Selain+itu+sebagian+besar+siswa+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+model+pembelajaran+Jigsaw.+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+menggunakan+model+pembelajaran+Jigsaw+dapat+meningkatkan+hasil+belajar+siswa.%0D%0AKata+kunci+%3A+Jigsaw+%2C+Metode+Diskusi%2C+aktivitas+belajar%2C+hasil+belajar%2C%0D%0APengelolaan+Lingkungan&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-03-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F106%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F7%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F8%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F107%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F12%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F110%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F108%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F109%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F16%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Rohmaniar%2C+0853024044++(2015)+PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+JIGSAW+TERHADAP+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+PERAN+MANUSIA+DALAM+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN+(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+5+Bandar+Lampung+Semester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014).++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8340%2F