%A 0853024044 Rohmaniar %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014) %X Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran Jigsaw terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 5 Bandar Lampung dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian siswa kelas V11h dan V11i dipilih menggunakan metode Purposive Sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U dan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain eksperimen (54,90 ) lebih tinggi dari N-gain kelas kontrol (22,41). Pada aktivitas belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw sebesar 73,61% lebih tinggi, dibandingkan dengan PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014) ii kelas yang mengggunakan metode diskusi sebesar 60,14%. Dan aspek aktivitas yang diamati tertinggi pada kelas Jigsaw yaitu bertukar informasi dengan kreteria baik sedangkan untuk kelas Kontrol tertinggi pada saat melakukan kegiatan diskusi dengan kreteria cukup. Selain itu sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran Jigsaw. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Jigsaw , Metode Diskusi, aktivitas belajar, hasil belajar, Pengelolaan Lingkungan %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints8340