%0 Generic %A Lutfi , Qurrotul A'yun %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:83462 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/83462/ %X Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan pembelajaran kokurikuler berbasis projek yang bertujuan untuk mewujudkan penguatan karakter profil pelajar Pancasila pada peserta didik. SD IT Wahdatul Ummah Metro merupakan salah satu sekolah dasar penggerak angkatan pertama yang sudah menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka dan sudah melaksanakan program P5 di setiap fasenya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di SD IT Wahdatul Ummah Metro tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di SD IT Wahdatul Ummah Metro meliputi kegiatan 1) Perencanaan projek, dengan kegiatan pembentukan fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema, dan alokasi waktu, menyusun modul projek, dan menyusun startegi pelaporan. 2) Pelaksanaan projek, kegiatan pelaksanaan projek dimulai dengan tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut, serta gebyar karya sebagai puncak kegiatan projek. 3) Evaluasi projek, kegiatan evaluasi melalui pengamatan selama kegiatan pembelajaran menggunakan instrumen yang sudah dibuat fasilitator berupa rubrik untuk mengevaluasi keterlaksanaan program dan pencapaian profil pelajar Pancasila pada peserta didik. Kata Kunci: implementasi, projek penguatan profil pelajar pancasila The project to strengthen the Pancasila student profile is project-based co- curricular learning which aims to strengthen the character of the Pancasila student profile in students. SD IT Wahdatul Ummah Metro is one of the first generation of elementary schools that has implemented independent curriculum-based learning and has implemented the P5 program in every phase. This research aims to describe and explain the implementation of the project to strengthen the profile of Pancasila students at SD IT Wahdatul Ummah Metro for the 2023/2024 academic year. The method used in this research is a qualitative descriptive method with data collection techniques using observation, interviews and documentation. The results of the research show that the implementation of the project to strengthen the profile of Pancasila students at SD IT Wahdatul Ummah Metro includes activities 1) Project planning, with the activities of forming facilitators, identifying the level of readiness of educational units, determining dimensions, themes and time allocation, compiling project modules, and developing strategies reporting. 2) Project implementation, project implementation activities begin with the introduction, contextualization, action, reflection and follow-up stages, as well as a work celebration as the peak of project activities. 3) Project evaluation, evaluation activities through observations during learning activities using instruments that have been created by the facilitator in the form of rubrics to evaluate the implementation of the program and the achievement of the Pancasila student profile among students. Keywords: implementation, project to strengthen the profile of pancasila students