%A Setyowati Serly %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD PADA PEMBELAJARAN IPA %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dalam bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 50 peserta didik dan penentuan sampel menggunakan teknik convenience sampling dengan 25 peserta didik dari kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 25 peserta didik dari kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh dan perbedaan yang positif dan signifikan dari model Problem Based Learning berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD pada pembelajaran IPA. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, problem based learning, STEM. The problem in this research is the low critical thinking ability of fifth grade elementary school students in science learning. This research aims to analyze the influence of the Problem Based Learning-STEM model on critical thinking ability. The method used in this research is quasi-experimental in the form of a non- equivalent control group design. The population of the research was 50 students and the sample was determined using a convenience sampling technique with 25 students from class V A as the experimental class and 25 students from class V B as the control class. Data collection techniques include interviews, tests, observations, and documentation. The results of this research show that there are positive and significant influences and differences from the Problem Based Learning-STEM model on the critical thinking abilities of fifth grade elementary school students in science learning. Keyword: critical thinking ability, problem based learning, STEM. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints83464