title: ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK FASE C MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDIT WAHDATUL UMMAH METRO creator: Dinda , Wahyu Puspita subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara peserta didik fase C di SDIT Wahdatul Ummah Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara peserta didik fase setelah pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, dampak pelaksanaan, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik, serta peserta didik fase C kelas V dan VI sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di SDIT Wahdatul Ummah Metro memberikan dampak baik bagi keterampilan berbicara peserta didik fase C. Kelima indikator keterampilan berbicara yang digunakan dalam penelitian ini mengalami peningkatan sehingga keterampilan berbicara peserta didik fase C termasuk dalam kategori tinggi. Indikator yang mengalami peningkatan tertinggi adalah indikator struktur kalimat, sedangkan indikator yang mengalami peningkatan terendah adalah indikator intonasi. Faktor yang memengaruhi keterampilan berbicara adalah peran pendidik dan faktor dari dalam diri peserta didik itu sendiri. Pelaksanaan P5 juga menumbuhkan karakter peserta didik yang sesuai profil pelajar Pancasila. Karakter yang muncul adalah religius, toleransi, kreatif, mandiri, disiplin, komunikatif, peduli lingkungan, tanggung jawab, dan gotong-royong. Pelaksanaan kegiatan P5 dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat yang terdiri dari faktor eksternal dan faktor internal. Kata Kunci: fase c, keterampilan berbicara, p5 The problem in this study is the low speaking skills of phase C students at SDIT Wahdatul Ummah Metro. This study aims to describe the speaking skills of phase C learners after the implementation of the Pancasila Learner Profile Strengthening project, the impact of implementation, as well as the supporting and inhibiting factors for the implementation of the Pancasila Learner Profile Strengthening project. The research method used is a descriptive qualitative method with a case study type. Data collection techniques with observation, interviews, and documentation. The data sources in this study are principals, educators, and phase C students in grades V and VI of elementary schools. The results showed that the implementation of the Pancasila learner profile strengthening project at SDIT Wahdatul Ummah Metro had a good impact on the speaking skills of phase C learners. The five indicators of speaking skills used in this study have increased so that the speaking skills of phase C students are included in the high category. The indicator that experienced the highest increase was the sentence structure indicator, while the indicator that experienced the lowest increase was the intonation indicator. Factors that influence speaking skills are the role of educators and factors from within the learners themselves. The implementation of P5 also fosters the character of students who fit the profile of Pancasila students. The characteristics that emerged were religious, tolerant, creative, independent, disciplined, communicative, environmental care, responsibility, and cooperation. The implementation of P5 activities is influenced by supporting and inhibiting factors consisting of external factors and internal factors. Keywords: phase c, speaking skills, p5 publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-03-25 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83467/1/ABSTRAK%20-%20Dinda%20Wahyu%20Puspita.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83467/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20Dinda%20Wahyu%20Puspita.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83467/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Dinda%20Wahyu%20Puspita.pdf identifier: Dinda , Wahyu Puspita (2024) ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK FASE C MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDIT WAHDATUL UMMAH METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/83467/