<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro)"^^ . "Pendidikan memiliki peran penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang\r\nberkualitas, termasuk dalam pendidikan Islam yang dituntut untuk terus berinovasi\r\nagar relevan di era globalisasi. Ilmu Nahwu, sebagai dasar pemahaman keilmuan\r\nagama Islam, sering kali dianggap sulit oleh santri baru, sehingga dibutuhkan\r\nmetode pembelajaran yang lebih interaktif untuk meningkatkan minat belajar santri\r\nbaru. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran Nahwu\r\nberbasis web untuk santri baru kelas 7 di SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an dengan\r\nmateri yang diambil dari Kitab Amtsilati Jilid 2. Hasil penelitian menunjukkan\r\nbahwa aplikasi ini memperoleh respon sangat baik dari guru dan santri, dengan\r\npersentase kepuasan sebesar 89,54% berdasarkan skala Likert. Aplikasi ini dinilai\r\nmenarik, fungsional, dan bermanfaat dalam menunjang efektivitas kegiatan belajar\r\nmengajar, khususnya dalam pembelajaran Nahwu. Rekomendasi pengembangan\r\nmeliputi pembuatan aplikasi berbasis Android dan iOS, penambahan game yang\r\nlebih variatif, serta pengembangan fitur bank soal evaluasi yang dinamis untuk\r\nmeningkatkan kualitas aplikasi.\r\nKata Kunci: Pendidikan Islam, Ilmu Nahwu, aplikasi pembelajaran interaktif,\r\ninovasi teknologi, Kitab Amtsilati"^^ . "2025-01-07" . . . . . "FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM"^^ . . . . . . . " Sanjaya Surya"^^ . "Rio"^^ . " Sanjaya Surya Rio"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK - ASBTRACT.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (File PDF)"^^ . . . "3. TUGAS AKHIR TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM\r\nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA\r\nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC\r\n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #83477 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM \nPELAJARAN NAHWU YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBACA \nKITAB KUNING DENGAN METODE MDLC \n(Studi Kasus: SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Kota Metro)\n\n" . "text/html" . . . "500 ilmu pengetahuan alam dan matematika" . .