%0 Generic %A Pita, Nadia %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:83482 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/83482/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran dengan model PBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif setiap gaya belajar siswa dan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang mungkin ditimbulkan oleh perbedaan gaya belajar. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Natar Kabupaten Lampung Selatan, dengan populasi seluruh kelas X, sampel kelas X-1 dan X-3. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian yaitu one group pretest posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes berbentuk soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest pada gaya belajar visual, auditori dan kinestetik lebih besar dibandingkan nilai pretest, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada setiap gaya belajar dengan nilai N-gain berkategori sedang. Hasil uji One Way Anova diperoleh bahwa nilai sig. > 0,05, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara gaya belajar visual, auditori dan kinestetik siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif untuk semua gaya belajar siswa. Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, PBL.