%0 Generic %A Atikah , Putri Amelia %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:83499 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T PENGARUH PROSES MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP INOVASI PADA HOTEL BINTANG TIGA (3) DI BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/83499/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh manajemen pengetahuan terhadap inovasi pada hotel bintang 3 di Bandar Lampung. Dengan pesatnya pertumbuhan sektor pariwisata, manajemen pengetahuan yang efektif menjadi penting untuk meningkatkan kinerja hotel. Penelitian ini berfokus pada tiga dimensi proses manajemen pengetahuan, yaitu knowledge acquisition, knowledge sharing, dan knowledge utilization. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan analisis regresi linier berganda menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Responden pada penelitian ini adalah karyawan dari Batiqa Hotel Lampung, Grand Anugerah Hotel, Yunna Hotel, Whiz Prime Hotel Lampung, Asoka Luxury Hotel, dan Grand Praba Hotel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa knowledge acquisition dan knowledge utilization berpengaruh signifikan terhadap inovasi, sementara knowledge sharing tidak berpengaruh signifikan terhadap inovasi. Temuan ini menawarkan wawasan berharga bagi manajemen hotel yang bertujuan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif melalui strategi manajemen pengetahuan yang efektif. Kata kunci: Manajemen Pengetahuan, Inovasi, Industri Perhotelan, Hotel Bintang Tiga, Bandar Lampung The objective of this research is to analyze the impact of knowledge management processes on innovation in three-star hotels in Bandar Lampung. With the rapid growth of the tourism sector, effective knowledge management has become crucial for enhancing hotel performance. This study focuses on three knowledge management processes dimensions, namely knowledge acquisition, knowledge sharing, and knowledge utilization. This research uses a quantitative approach with multiple linear regression analyzed using Statistical Product and Service Solution (SPSS) program.. Data were collected through questionnaires, interviews, and observations. The respondents in this study are employees from Batiqa Hotel Lampung, Grand Anugerah Hotel, Yunna Hotel, Whiz Prime Hotel Lampung, Asoka Luxury Hotel, and Grand Praba Hotel .The results of this study indicate that knowledge acquisition and knowledge utilization have a significant effect on innovation, while knowledge sharing does not have a significant effect on innovation. The findings offer valuable insights for hotel management aiming to enhance competitive advantage through effective knowledge management strategies. Keywords: Knowledge Management, Innovation, Hospitality Industry, Three-Star Hotels, Bandar Lampung