@misc{eprints83507, month = {Februari}, title = {PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP GURU HONORER DI KOTA BANDAR LAMPUNG}, author = {Putri Permata Sari Dita }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {HUKUM}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/83507/}, abstract = {Guru merupakan faktor penentu dari tinggi atau rendahnya kualitas hasil pendidikan. Guru honorer merupakan guru yang diangkat secara resmi oleh pejabat berwenang untuk mengatasi kekurangan tenaga pendidik (guru), namun belum berstatus Aparatur Sipil Negara. Mengenai hal tersebut para guru mendapatkan perlindungan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menjamin kesejahteraan para pendidik yang dalam pelaksanaannya pun berkaitan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aturan pemerintah terhadap guru honorer di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif (library research) dan pendekatan yuridis empiris (empiricial legal research). Data yang diperoleh berdasarkan wawancara secara langsung serta referensi dari berbagai studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlidungan hukum bagi guru honorer di Kota Bandar Lampung merupakan suatu aspek penting yang perlu mendapatkan perhatian. Meskipun pemerintah setempat telah memberikan tanggung jawab kepada pihak sekolah dalam menyelenggarakan pelatihan guna meningkatkan mutu guru honorer, masih terdapat tantangan terkait dengan perlindungan hukum secara umum. Pemerintah Kota Bandar Lampung yang memberikan kewenangan kepada kepala sekolah untuk merekrut guru honorer sebagai solusi untuk mengatasi kekurangan guru di lembaga pemerintah adalah langkah positif. Kata Kunci : Guru Honorer, Perlindungan Hukum, Kota Bandar Lampung Teacher are a determining factor in the high or low quality of educational outcomes. Honorary teachers are teachers who are officially appointed by authorized officials to evorcome the shortage of educators (teachers), but not yet have the status of State Civil Apparatus. Regarding to this, teachers receive protection based of Law Number 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers which guarantees the welfare of educators which in its implementation is also related to Law Number 5 of 2014 concerning State Civil Apparatus. The purpose of this research is to find out the governments regulates honorary teachers in Bandar Lampung City. This research uses a normative juridical method (library research) and an empins judicial approaches (empicial legal research). Data obtained was based on direct interviews and references from various literature studies. The result of this study show that legal protection for honorary teachers in Bandar lampung City is an important aspect that needs attention. Although the local govemment has given responsibility to the schools in organizing training to improve the quality of honorary teachers, there are still challenges related to legal protection in general. The Bandar Lampung City Government which authorizes school principals to recruit honorary teachers as a solution to overcome the shortage of teachers in educational institutions is a positive step. Keywords : Honorary Teachers, Legal Protection, Bandar Lampung City} }