%A Yani Fitri %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kotaagung Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kotaagung Timur semester ganjil tahun 2023/2024 sebanyak 190 siswa dan terdistribusi kedalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A dan VIII B yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah posttest-only control design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan data non-tes berupa angket skala likert untuk self confidence. Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional, namun tidak ada perbedaan rata-rata self confidence siswa pada pembelajaran problem based learning dan pembelajaran konvensional. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, namun tidak berpengaruh terhadap self confidence siswa. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, problem based learning, self confidence %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints83516