TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints83517 UR - http://digilib.unila.ac.id/83517/ A1 - Ade , Irma Kusuma Wardhani Y1 - 2024/01/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran edutainment dalam menguatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Metode dalam penelitian ini yaitu metode quasy eskperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kalirejo. Sampel penelitian ini berjumlah 59 responden yang terdiri dari 30 responden kelas eksperimen dan 29 responden kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi sebagai teknik pokok dan angket sebagai teknik penunjang. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran edutainment dalam menguatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn dengan presentase 84,88% yang dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mendengarkan penjelasan guru, dan bermain. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran edutainment dalam menguatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Kemudian terdapat perbedaan yang signifikan dari rata-rata hasil penelitian antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran edutainment dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Edutainment, Metode Pembelajaran. This research aims to determine the application of edutainment learning methods in strengthening students' learning activities in Civics subjects. The method in this research is the quasi-experiment method with a quantitative approach. The population of this study were students in class VIII of SMP Negeri 2 Kalirejo. The research sample consisted of 59 respondents consisting of 30 experimental class respondents and 29 control class respondents. Data collection techniques use observation techniques as the main technique and questionnaires as a supporting technique. The data calculation technique uses SPSS version 22. Based on the results of research significant results were obtained from the application of edutainment learning methods in strengthening students' learning activities in Civics subjects with a percentage of 84.88% as evidenced by the number of students asking questions, answering questions, listening to teacher explanations, and playing. This shows that there are significant differences in the application of edutainment learning methods in strengthening students' learning activities in Civics subjects. Then there was a significant difference in the average research results between the experimental class and the control class, which means that there were differences in learning activities between the experimental class which used the edutainment learning method and the control class which used the discussion method. Keywords: Learning Activities, Edutainment, Learning Methods. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DALAM MENGUATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 2 KALIREJO AV - restricted ER -