?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+INQUIRY+BASED+LEARNING+BERBANTU%0D%0AE-MODUL+TERHADAP+KEMAMPUAN+LITERASI+SAINS%0D%0AMATERI+SISTEM+GERAK+PADA+MANUSIA&rft.creator=Herlina%09%2C+-&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+dari+penggunaan+model+IBL%0D%0Aterhadap+kemampuan+Literasi+Sains+peserta+didik+SMP+materi+sistem+gerak+pada%0D%0Amanusia.+Jenis+penelitian+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+quasi%0D%0Aeksperiment+dengan+desain+pretest-posttest+non+equivalent+control+group+design.%0D%0ASampel+dalam+penelitian+ini+berjumlah+64+peserta+didik+yang+terdiri+dari+kelas+VIII%0D%0AB+sebagai+kelas+eksperimen+dan+VIII+A+sebagai+kelas+kontrol+dengan+teknik%0D%0Apengambilan+sampel+random+sampling.+Kelas+eksperimen+menggunakan+model%0D%0Apembelajaran+IBL%2C+sedangkan+kelas+kontrol+menggunakan+metode+diskusi.+Data%0D%0Aketerampilan+Literasi+Sains+yang+diperoleh+dari+hasil+pretest-posttest+yang%0D%0Adianalisis+menggunakan+uji+independent+sample+t-test+dan+data+tanggapan+peserta%0D%0Adidik+tentang+pembelajaran+menggunakan+model+IBL+yang+dikumpulkan%0D%0Amenggunakan+angket.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+terdapat+pengaruh+yang%0D%0Asignifikan+penggunaan+modelIBL+terhadap+kemampuan+Literasi+Sains+peserta+didik%0D%0Adengan+nilai+sig+(2-tailed)+0%2C001+%3C+0%2C05+dan+rata-rata+N-Gain+pada+kelas+eksperimen%0D%0Asebesar+0%2C70+dengan+kriteria+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D+sedangkan+pada+kelas+kontrol+sebesar+0%2C20%0D%0Adengan+kriteria+%E2%80%9Crendah%E2%80%9D.+Berdasarkan+perolehan+hasil+angket+tanggapan+peserta%0D%0Adidik+didapatkan+nilai+sebesar+88%25+dengan+kategori+sangat+baik.+Sehingga+dapat%0D%0Adisimpulkan+bahwa+penggunaan+model+IBL+berpengaruh+signifikan+terhadap%0D%0Apeningkatan+kemampuan+literasi+sains+peserta+didik+dan+model+tersebut+dapat%0D%0Aditerima+dengan+baik+oleh+peserta+didik.%0D%0AKata+Kunci%3A+Model+Pembelajaran+IBL%2C+Sistem+Gerak+pada+Manusia%2C%0D%0AKeterampilan+Literasi+Sains%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+&rft.date=2024-03-26&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83521%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520Herlina.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83521%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520-%2520Herlina.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83521%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN%2520-Herlina.pdf&rft.identifier=++Herlina+%2C+-++(2024)+PENGARUH+MODEL+INQUIRY+BASED+LEARNING+BERBANTU+E-MODUL+TERHADAP+KEMAMPUAN+LITERASI+SAINS+MATERI+SISTEM+GERAK+PADA+MANUSIA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83521%2F