TY - JOUR ID - eprints8357 UR - http://digilib.unila.ac.id/8357/ A1 - 0913031006, Dewi Tri Gustiani Y1 - 2013/01/18/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS Terpadu hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain minat belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Sebanyak 7 kelas dengan jumlah siswa 224 siswa. Dengan menggunakan rumus T-yamane dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 144 orang, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan Survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh minat belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahw: (1) Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. (2) Ada pengaruh pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. (3)Ada pengaruh minat belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Minat belajar, Pemanfaatan Sarana Belajar Di Sekolah dan Hasil Belajar. JF - Digital Library TI - PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PEMANFAATAN SARANA BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. AV - restricted ER -