@article{eprints8358, month = {Pebruari}, title = {PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOLEKSI BAHAN BACAAN, MINAT BACA DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 25 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013}, author = {Erawati 0913031009}, year = {2013}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/8358/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang koleksi bahan bacaan, minat baca dan pelayanan perpustakaan terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung semester ganjil sebanyak 8 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 291 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 168 orang. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang koleksi bahan bacaan, minat baca dan pelayanan perpustakaan terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa, (1) ada pengaruh persepsi siswa tentang koleksi bahan bacaan terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/201, (2) ada pengaruh minat baca terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013, (3) ada pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013, (4) ada pengaruh persepsi siswa tentang koleksi bahan bacaan, minat baca dan pelayanan perpustakaan terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013.. Kata Kunci: Persepsi Siswa tentang Koleksi Bahan Bacaan, Minat Baca dan Pelayanan Perpustakaan dan Hasil Belajar.} }