%0 Journal Article %A 0913031050, Kharisma Idola Arga %D 2013 %F eprints:8363 %J Digital Library %T PENGARUH KEADAAN EKONOMI KELUARGA, MINAT BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP WIYATA BHAKTI NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/8363/ %X Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMP Wiyata Bhakti Natar yang diantaranya dipengaruhi oleh keadaan ekonomi keluarga, minat belajar, dan aktivitas belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Wiyata Bhakti Natar Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 85 orang, dengan menggunakan rumus Slovin dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 70 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan keadaan ekonomi keluarga terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Wiyata Bhakti Natar Tahun Pelajaran 2011/2012. (2)Ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Wiyata Bhakti Natar Tahun Pelajaran 2011/2012. (3)Ada pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Wiyata Bhakti Natar Tahun Pelajaran 2011/2012. (4)Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keadaan ekonomi keluarga, minat belajar, dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Wiyata Bhakti Natar Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Keadaan Ekonomi Keluarga, Minat Belajar, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar