%A Prasetiyo Riko %T PENGARUH PENGGUNAAN METODE COOVERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 1 GUNUNG AGUNG %X Masalah dalam penelitian ini masih rendahnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi materi PPKn, rendahnya partisipasi peserta didik pasif baik dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe student facilitator and explaining terhadap hasil belajar PPkn di SMKN 1 Gunung Agung. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Gunung Agung tahun ajaran 2023/2024. Model penelitian adalah Quasi Eksperimen dan peneliti memilih desain penelitian bentuk Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 72 siswa. Kelas XI TKJ A sebagai kelas eksperimen menggunakan motode pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan kelas TKJ C sebagai kelas kontrol menggunakan motode pembelajaran Diskusi. Hasil penelitian dengan menggunakan pretest-posttest menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep peserta didik, dengan nilai N-Gain Score kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 72,95% dan kelas kontrol sebesar 41,69% dengan demikian kelas eksperimen jauh lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Metode Cooperative Learning tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Peserta didik di kelas eksperimen tidak hanya menerima informasi secara pasif tetapi juga aktif terlibat dalam diskusi dan penjelasan materi. Peserta didik menjadi lebih berani untuk bertanya, baik kepada pendidik maupun teman sekelas, dan lebih termotivasi untuk memahami materi yang diajarkan. Hal ini menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, di mana peserta didik saling mendukung dan memperkuat pemahaman satu sama lain. Secara keseluruhan, metode Cooperative Learning tipe Student Facilitator and Explaining terbukti sebagai alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar di SMKN 1 Gunung Agung. Kata Kunci:, Metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe student facilitator and explaining. Hasil Belajar PPKn The problem in this research is still the low level of students' understanding of PPKn material, the low level of passive student participation in both asking and answering questions. The aim of this research is to determine the significant influence of the Cooperative Learning type of student facilitator and explaining learning method on Civics learning outcomes at SMKN 1 Gunung Agung. This research was conducted at SMKN 1 Gunung Agung for the 2023/2024 academic year. The research model is Quasi Experimental and the researcher chose a research design in the form of Quasi Experimental Design. The population in this study was 72 students. Class XI TKJ A as an experimental class uses the Student Facilitator and Explaining learning method and class TKJ C as a control class uses the Discussion learning method. The results of research using pretest-posttest showed a significant increase in students' understanding of concepts, with the N-Gain Score value of the experimental class getting a score of 72.95% and the control class of 41.69%, thus the experimental class was much higher than the control class. The Student Facilitator and Explaining (SFAE) Cooperative Learning method increases students' activeness in learning. Students in the experimental class not only receive information passively but are also actively involved in discussions and explanations of the material. Students become braver to ask questions, both to educators and classmates, and are more motivated to understand the material being taught. This creates a dynamic learning environment, where students support each other and strengthen each other's understanding. Overall, the Student Facilitator and Explaining Cooperative Learning method has proven to be an effective alternative in improving learning outcomes at SMKN 1 Gunung Agung. Keywords: Cooperative Learning learning method Student facilitator and explaining type. Civics Learning Results %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints83660