title: PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 1 PUNGGUR creator: Hafid , Mukhlis Saputra subject: 300 Ilmu sosial subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pelaksanaan program sekolah ramah anak di SMP Negeri 1 Punggur, 2) Mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat pelaksanaan program sekolah ramah anak di SMP negeri 1 Punggur. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik, peserta didik dan orang tua peserta didik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program sekolah ramah anak di SMP Negeri 1 Punggur yaitu: a) adanya sosialisasi mengenai program sekolah ramah anak kepada seluruh pihak sekolah, b) pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak, c) adanya sarana dan prasarana yang ramah anak, d) pelaksanaan pembelajaran yang ramah anak, e) memiliki lingkungan sekolah yang baik untuk perkembangan anak dan f) partisipasi anak dalam kegiatan sekolah ramah anak. 2) Kontribusi kepala sekolah terhadap pelaksanaan program sekolah ramah anak di SMP Negeri 1 Punggur yaitu: a) pemberi pertimbangan atau saran terhadap perencanaan program sekolah ramah anak, b) pengontrol program sekolah ramah anak, c) pemberi dukungan untuk pengembangan program sekolah ramah anak dan d) mediator terhadap permasalahan yang terjadi dalam program sekolah ramah anak. Kata Kunci :Pelaksanaan, Sekolah Ramah Anak, Kontribusi, Kepala Sekolah This research aims to 1) Find out the implementation of the child-friendly school program at SMP Negeri 1 Punggur, 2) Find out the supporting factors and inhibiting factors for implementing the child-friendly school program at SMP Negeri 1 Punggur. The method used by researchers in this research is a descriptive research method with a qualitative approach. Data collection techniques use observation, interview and documentation techniques. The subjects of this research were school principals, educators, students and parents of students. The research results show that: 1) The implementation of the child-friendly school program at SMP Negeri 1 Punggur, namely: a) there is socialization regarding the child-friendly school program to all school officials, b) educators and education staff train on children's rights, c) the existence of facilities and child-friendly infrastructure, d) implementing child-friendly learning, e) having a good school environment for child development and f) child participation in child-friendly school activities. 2) The principal's contribution to the implementation of the child-friendly school program at SMP Negeri 1 Punggur, namely: a) providing considerations or suggestions for planning child-friendly school programs, b) controlling child- friendly school programs, c) providing support for the development of child- friendly school programs and d) mediator for problems that occur in child-friendly school programs. Keywords :Executive, Child Friendly School, Contribution, Principal publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-10-03 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83678/1/1.%20ABSTRAK-1%20-%20Hafid%20Mukhlis%20saputra.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83678/2/2.%20SKRIPSI%20FULL-1%20-%20Hafid%20Mukhlis%20saputra.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83678/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN-1%20-%20Hafid%20Mukhlis%20saputra.pdf identifier: Hafid , Mukhlis Saputra (2024) PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 1 PUNGGUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/83678/