%0 Journal Article %A 0913031094, Mutiara Iwana %D 2013 %F eprints:8369 %J Digital Library %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP BUDAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/8369/ %X Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, disiplin belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VII semester genap SMP Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas VII semester genap SMP Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 55 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh minat belajar, disiplin belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VII semester genap SMP Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1)Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. (2)Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. (3)Ada pengaruh pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. (4)Ada pengaruh minat belajar, disiplin belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci: minat belajar, disiplin belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah.