creators_name: MITHA , OKTAVIANA creators_id: 2013034018 type: other datestamp: 2025-02-13 15:24:34 lastmod: 2025-02-13 15:24:34 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI DALAM PEMBELAJARAN HIDROLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 7 BANDAR LAMPUNG ispublished: pub subjects: 300 subjects: 370 subjects: 900 subjects: 910 subjects: 920 full_text_status: restricted abstract: Pentingnya bahan ajar yang terbaru dengan mengikuti perkembangan zaman untuk mendukung proses pembelajaran menjadi dorongan untuk melakukan pengembangan bahan ajar khususnya untuk materi hidrologi pada mata pelajarn geografi di Kelas X. Bahan ajar yang dikembangkan berupa sebuah modul ajar, hal ini didasarkan oleh kurangnya modul ajar yang ada di SMAN 7 Bandar Lampung khsusunya pada materi hidrologi. Tujuan penelitian yaitu untuk melakukan pengembangan bahan ajar berupa modul pada materi hidrologi. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan menggunakan model pengembangan dari Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa statistik sederhana yang meliputi uji normalitas, uji t-Test dan uji N-Gain. Hasil penelitian berupa sebuah modul ajar hidrologi yang telah melalui serangkaian uji untuk dapat memperoleh hasil yang optimal. Hasil uji validitas berupa uji ahli (materi, bahasa, media) mendapatkan nilai akhir sebesar 75% (predikat layak), serta uji validitas pengguna memeroleh nilai akhir sebesar 91,5% (predikat sangat layak). Selain itu, terdapat uji yang terakhir, yakni uji lapangan terbatas memeroleh nilai akhir 89% (predikat sangat layak). Kemudian, hasil uji efektivitas menunjukan bahwa modul ini cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase 53%. Berdasarkan serangkaian uji yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa modul yang dibuat dinyatakan layak untuk dipergunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran geografi materi hidrologi. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Modul, Hidrologi, Hasil Belajar The importance of the latest teaching materials by following the development of the times to support the learning process is the impetus for developing teaching materials, especially for hydrology material in geography subjects in Class X. The teaching materials developed are in the form of a teaching module, this is based on the lack of teaching modules at SMAN 7 Bandar Lampung, especially in hydrology material. The purpose of the research is to develop teaching materials in the form of modules on hydrology material. The research method used is Research and Development using the development model from Borg & Gall. Data collection techniques used are interviews, questionnaires, and literature studies. This study uses data analysis techniques in the form of simple statistics including normality tests, t-tests and N-Gain tests. The results of the study are in the form of a hydrology teaching module that has gone through a series of tests to obtain optimal results. The results of the validity test in the form of an expert test (material, language, media) obtained a final value of 75% (predicate feasible), and the user validity test obtained a final value of 91.5% (predicate very feasible). In addition, there is the last test, namely the limited field test obtained a final value of 89% (predicate very feasible). Then, the results of the effectiveness test showed that this module is quite effective in improving student learning outcomes with a percentage of 53%. Based on a series of tests conducted, it can be concluded that the module made is declared feasible to be used as teaching materials in learning geography hydrology material. Keywords: Development, Teaching Materials, Modules, Hydrology, Learning Outcomes date: 2024-09-13 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: MITHA , OKTAVIANA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI DALAM PEMBELAJARAN HIDROLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 7 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/83695/1/ABSTRAK%20-%20Mita%20Oktaviana.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83695/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20Mita%20Oktaviana.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83695/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Mita%20Oktaviana.pdf