@misc{eprints83704, month = {Maret}, title = {EFEKTIVITAS PELATIHAN EMPLOYABILITY SKILL DENGAN STRATEGI SUPPORT GROUP DALAM MENINGKATKAN KESIAPAN KERJA PADA MAHASISWA DI FORUM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {Olivia Yoza }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/83704/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah kurangnya kesiapan kerja mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kesiapan kerja melalui pelatihan employability skill dengan strategi support group dalam meningkatkan kesiapan kerja pada mahasiswa di Forum Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan pre eksperimen (pre experiment design) dengan menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Jumlah sampel yang digunakan adalah 10 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen employability skill dengan skala likert. Validitas instrumen menggunakan rumus Aiken?s V. Reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang didapat oleh mahasiswa setelah melakukan pelatihan ialah 40 \%. Hasil perhitungan uji Wilcoxon Z hitung= -2,805 {\ensuremath{<}} Ztabel=1.645 dengan nilai signifikansi sebesar p= 0,005; p {\ensuremath{<}} 0,05 maka dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa support group terbukti efektif dalam meningkatkan kesiapan kerja bagi mahasiswa di Forum Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Lampung. Kata kunci : Employability skill, support group, kesiapan kerja. The problem of this research is the lack of work readiness of students in preparing themselves for the world of work. The purpose of this study was to improve work readiness skills through employability skills training with a support group strategy in improving work readiness in students at the Citizenship Education Forum, Lampung University. This type of research uses preexperiment (pre experiment design) using One Group Pretest Posttest Design. The number of samples used was 10 students. Data collection techniques using employability skill instruments with a Likert scale. Instrument validity uses Aiken's V formula. Reliability uses the Cronbach Alpha formula . The results showed an increase obtained by students after conducting training was 40\%. The results of the Wilcoxon Z test calculation = - 2.805 {\ensuremath{<}} Z table = 1.645 with a significance value of p = 0.005 ; p{\ensuremath{<}} 0.05, it can be interpreted that Ho is rejected and Ha is accepted.This shows that support groups are proven to be effective in increasing work readiness for students at the Civic Education Forum at Lampung University. Keywords: Employability skills, support group, work readiness} }