?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBEDAAN+PERSEPSI+MAHASISWA+TERHADAP+PERAN+TUTOR+DALAM+DISKUSI+TUTORIAL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+DI+PROGRAM+STUDI+PENDIDIKAN+DOKTER+UNIVERSITAS+LAMPUNG+ANGKATAN+2021+DAN+2023%0D%0A&rft.creator=Iffah+Salma%2C+Muizabby&rft.subject=610+Ilmu+kedokteran%2C+ilmu+pengobatan+dan+ilmu+kesehatan&rft.description=Latar+Belakang%3A+Problem-Based+Learning+(PBL)+telah+diterapkan+di+Fakultas+Kedokteran+Universitas+Lampung+sejak+2008.+Peran+tutor+dalam+diskusi+tutorial+PBL+sangat+penting+untuk+keberhasilan+pembelajaran.+Mahasiswa+angkatan+2021+menjalani+kurikulum+2017+dengan+pembelajaran+daring+selama+pandemi+COVID-+19%2C+sementara+angkatan+2023+mengikuti+kurikulum+2022+dengan+metode+luring+penuh.+Penelitian+ini+bertujuan+mengevaluasi+persepsi+mahasiswa+terhadap+peran+tutor+dalam+konteks+tersebut.%0D%0AMetode%3A+Penelitian+ini+menggunakan+desain+survei+deskriptif+analitik+dengan+pendekatan+cross-sectional.+Sampel+terdiri+dari+78+mahasiswa+angkatan+2021+dan+77+mahasiswa+angkatan+2023+yang+dipilih+secara+random+sampling.+Data+dikumpulkan+melalui+kuesioner+valid+dan+reliabel+yang+mengukur+lima+aspek+peran+tutor%3A+konstruktif%2C+mandiri%2C+kontekstual%2C+kolaboratif%2C+dan+perilaku+tutor.+Analisis+dilakukan+menggunakan+uji+Chi-Square+untuk+melihat+hubungan+dan+Odds+Ratio+(OR)+untuk+mengukur+kekuatan+asosiasi.%0D%0AHasil%3A+Hasil+penelitian+menunjukkan+adanya+perbedaan+signifikan+persepsi+mahasiswa+kedua+angkatan+terhadap+peran+tutor+(p+%3D+0%2C009).+Odds+Ratio+(OR)+sebesar+2%2C5+menunjukkan+bahwa+mahasiswa+angkatan+2023+memiliki+kemungkinan+2%2C5+kali+lebih+besar+untuk+memberikan+persepsi+positif+dibandingkan+angkatan+2021.+Mahasiswa+angkatan+2023+menunjukkan+persepsi+yang+lebih+positif+dibandingkan+angkatan+2021%2C+terutama+pada+aspek+kolaboratif+dan+perilaku+tutor.+Hasil+ini+menekankan+pentingnya+peran+tutor+dalam+meningkatkan+efektivitas+pembelajaran+PBL+serta+perlunya+evaluasi+berkelanjutan+untuk+memastikan+kualitas+proses+pembelajaran.%0D%0ASimpulan%3A+Penelitian+ini+menunjukkan+adanya+perbedaan+signifikan+dalam+persepsi+mahasiswa+terhadap+peran+tutor+dalam+diskusi+tutorial+PBL+antara+angkatan+2021+dan+2023.&rft.publisher=FAKULTAS+KEDOKTERAN&rft.date=2025-02-03&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83747%2F1%2FABSTRAK%2520-%2520Iffah%2520Salma.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83747%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520-%2520Iffah%2520Salma.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83747%2F2%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN%2520-%2520Iffah%2520Salma.pdf&rft.identifier=++Iffah+Salma%2C+Muizabby++(2025)+PERBEDAAN+PERSEPSI+MAHASISWA+TERHADAP+PERAN+TUTOR+DALAM+DISKUSI+TUTORIAL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+DI+PROGRAM+STUDI+PENDIDIKAN+DOKTER+UNIVERSITAS+LAMPUNG+ANGKATAN+2021+DAN+2023.++FAKULTAS+KEDOKTERAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83747%2F