%A FADHILAH ANISAH %T PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI UNTUK PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, kelayakan, kemenarikan serta kemudahan dari produk yang telah dikembangkan berupa video interaktif materi hukum Newton tentang gravitasi untuk pembelajaran flipped classroom berorientasi kepada kemampuan berpikir sistem. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang memiliki tahapan melakukan analisis produk, desain produk, pengembangan produk dan evaluasi. Penilaian yang digunakan untuk menguji validitas dan uji kepraktisan yang terdiri dari uji ahli materi dan media video oleh dua dosen pendidikan fisika Universitas Lampung dan uji 1-1 oleh 6 orang siswa. Berdasarkan uji yang telah dilakukan, didapatkan skor 3,19 dengan kategori valid untuk uji validitas materi dan skor 3,25 dengan kategori valid untuk uji validasi media dan desain. Hasil uji kemenarikan mendapatkan skor 3,45 dengan kategori sangat menarik, uji kemudahan mendapatkan skor 3,39 dengan kategori sangat mudah. Sehingga dihasilkan produk video interaktif materi hukum Newton tentang gravitasi untuk pembelajaran flipped classroom berorientasi pada kemampuan berpikir sistem yang memenuhi karakteristik dari segi materi maupun segi tampilan konten yang berorientasi pada isi termasuk interaktifitas berupa sematan soal, grafis, audio dan lain sebagainya. Sehingga siswa dapat merespon secara aktif dalam proses pembelajaran dengan desain yang dikemas secara menarik, praktis, serta interaktif. Kata kunci: Video Interaktif, Hukum Gravitasi Newton, Flipped Classroom, Kemampuan Berpikir Sistem %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints83775