creators_name: BARQUNA , TRI RARASWATI creators_id: 1753022004 type: other datestamp: 2025-02-14 07:39:13 lastmod: 2025-02-14 07:39:13 metadata_visibility: show title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI GELOMBANG MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ispublished: pub subjects: 370 subjects: 530 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi gelombang mekanik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Bandar Lampung tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel kelas X1.1 dan XI.2 yang berjumlah 60 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu Non-equivalent Control Group Design. Teknik analisis data kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji Paired Sample T-test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat perbedaan hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan nilai Sig (2- tailed) sebesar 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Non-equivalent Control Group Design. date: 2024-06-12 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: BARQUNA , TRI RARASWATI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI GELOMBANG MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/83786/1/1.%20ABSTRAK%20-%20BARQUNA%20TRI%20RARASWATI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83786/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20BARQUNA%20TRI%20RARASWATI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83786/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20BARQUNA%20TRI%20RARASWATI.pdf